Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Aturan Kamar Mandi di Tempat Asing yang Perlu Diketahui Setiap Wisatawan

3 min read

image from : unsplash.com

Tisu toilet

Setiap negara asing memiliki aturannya sendiri dalam hal kertas toilet dan penggunaannya. Aturannya berbeda dari satu negara ke negara lain.  Bagaimanapun, membiasakan diri dengan etiket kamar mandi yang berbeda di seluruh dunia sangat penting dalam setiap rencana perjalanan.

Bawa Kertas Toilet Anda Sendiri

image from : unsplash.com

Bahkan di tempat-tempat di mana orang menggunakan tisu toilet, sudah menjadi kebiasaan untuk membawa tisu toilet sendiri setiap kali Anda ingin menggunakan kamar mandi. Beberapa tempat mungkin menyediakan itu, tetapi Anda tentu tidak ingin mengambil risiko. Bahkan di negara lain, biasanya Anda disarankan untuk membawa tisu toilet ukuran saku sendiri.

  • Bayar untuk Kertas Toilet

Di negara-negara seperti Taiwan, bukan hal yang aneh untuk membayar tisu toilet itu sendiri. Hal ini bervariasi tergantung pada tempatnya. Ini berarti mungkin ide yang baik untuk masuk dengan sedikit uang receh di saku Anda.

Baca Juga :   Budaya Luar Biasa yang dapat Ditemukan Ketika Traveling di Bali

Biaya Kamar Mandi

Meskipun toilet umum sebagian besar gratis di seluruh dunia, Anda harus membayar sedikit biaya di banyak negara Eropa untuk menggunakan fasilitas tersebut. Inggris, Prancis, Swedia, Jerman, Belanda dan Indonesia adalah beberapa negara di mana Anda perlu membayar sedikit biaya untuk menggunakan kamar mandi.

Aturan Higienis

image from : unsplash.com

Pandangan tentang kebersihan erat kaitannya dengan kamar mandi bisa sangat berbeda tergantung di negara mana Anda berada. Beberapa aturan toilet mungkin tampak aneh bagi mereka yang tidak terbiasa dengannya.

Kapan pun Anda berada di negara asing, penting untuk membiasakan diri dengan hal ini;

  • Sandal

Jepang mungkin adalah negara dengan norma kebersihan paling ritualistik. Kebersihan sangat diperhatikan di semua tempat, terutama di kamar mandi.

Orang Jepang memiliki sandal khusus yang ditujukan untuk penggunaan kamar mandi, baik di rumah maupun di tempat umum. Jadi, bersiaplah untuk meninggalkan sepatu Anda di luar pintu dan memakainya saat masuk. Disana sangat tidak disukai untuk berjalan di dalam dan di luar kamar mandi dengan sepatu yang sama.

  • Bidets

Berasal dari Prancis sekitar tahun 1600-an, bidet adalah fasilitas mirip tisu toilet yang dimaksudkan untuk mencuci setelah penggunaan kamar mandi. Ini populer di banyak negara Eropa tetapi dapat ditemukan di negara lain di Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Bidet sebagai alternatif yang baik untuk tisu toilet, karena dinilai jauh lebih higienis dan ramah lingkungan daripada kertas toilet. Ini juga dapat mencegah penyumbatan saluran pembuangan. Jadi, jangan ragu untuk menggunakannya setiap kali Anda menemukannya.

  • Produk Kebersihan

Tidak semua kamar mandi memiliki produk kebersihan yang mungkin sudah Anda kenal. Baik itu tisu toilet, sabun, pembersih, gel desinfektan, pembalut, atau tampon, ada baiknya Anda menyiapkannya. Beberapa produk ini sulit didapat tergantung pada negara yang Anda kunjungi. Dalam kasus lain, produk yang Anda temukan di sana mungkin tidak sesuai dengan standar Anda.

Baca Juga :   7 Tips Melihat Bunga Sakura di Jepang

Biasakan Diri Anda dengan Jongkok

Jika Anda bepergian ke luar negeri, Anda mungkin menemukan diri Anda berada di negara di mana fasilitas kamar mandi tidak seperti yang pernah Anda lihat sebelumnya.

Baca Juga :   Destinasi Ski Paling Terjangkau Di Eropa

Banyak orang berpendapat bahwa ini jongkok adalah posisi yang lebih sehat yang membebaskan tubuh dari tekanan yang tidak perlu dan membuat segalanya berjalan lebih lancar dan lebih cepat.

Aturan Pembilasan

Norma pembilasan berbeda di seluruh dunia. Sementara di sebagian besar negara, Anda diharuskan menyiram setelah pergi, dan beberapa negara sering menggunakan toilet kering atau non-flush yang tidak memberi Anda pilihan untuk menyiram. Biasakan diri dengan etiket pembilasan sebelum mengunjungi negara lain.

 

GabrielGiovany – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *