Per4an™

Media Online Informasi Perjalanan | https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Beberapa Event Musik Besar di Jogja

2 min read

Beberapa Event Musik Besar di Jogja

Jogja adalah kota yang selalu mendapatkan tempat istimewa di hati banyak orang. Khususnya bagi mereka yang pernah berkunjung. Kota yang terkenal dengan Gudeg dan Bakpianya ini tidak pernah mati dari hingar bingar serta kreatifitas warganya. Tak lepas kreatifitas di bagian music, beberaapa konser music besar pernah diadakan di kota ini. Kali ini kita akan mengulas beberapa event music yang di adakan tiap tahunya di kota Yogyakarta, peasaran? Yuk kita ulas di bawah.

Prambanan Jazz Festival

Prambanan Jazz Festival atau PJF adalah perhelatan musik tahunan berskala internasional yang digelar di pelataran Candi Prambana. Prambanan Jazz pertama kali digelar pada taggal 16 Oktober 2015 dengan mengusung eksotisme kemegahan monumental warisan bangsa Indonesia yang telah diakui dunia internasional yaitu Candi Prambanan. Perpaduan antara festival musik jazz dan warisan dunia dari abad ke-9, Candi Prambanan ini bisa dimaknai sebagai keselarasan budaya lampau dan budaya saat ini dengan musikalitas.

Ngayogjazz

Jika kita berbicara tentang musik jazz khususnya di Yogyakarta, tentu tak akan lepas dari acara Ngayogjazz yang diselenggarakan tiap tahun. Ngayogjazz menjadi acara yang sangat dinantikan masyarakat Yogyakarta karena menyuguhkan musik jazz dari musisi-musisi terkenal nasional maupun internasional secara gratis. Tak heran penonton Ngayogjazz selalu ramai tiap tahunnya. Tahun 2007 Ngayogjazz pertama kali diselenggarakan bertempat di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) yang didirikan oleh ayah Djaduk, Bagong Kussudiardja, bersama Komunitas Jazz Jogja yang juga dikenal dengan Jazz Mben Senen. Mereka memulai sejarah dengan melangsungkan Ngayogjazz pertama di Dusun Kembaran, Kasihan, Bantul, dimana Padepokan Seni Bagong Kussudiardja berada.

Pasar Keroncong Kotagede

Festival musik bertajuk Pasar Keroncong Kotagede ini menyajikan musik dengan aliran keroncong yang sangat sederhana dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Anak-anak muda pun pasti bisa melebur dalam syahdunya nuansa Kotagede Jogja dan romantisme musik keroncong. Event ini di gelar secara gratis bagi seluruh warga, selain kalian bisa menikmati syahdunya musik keroncong, kalian juga bisa sekaligus berwisata di sekitar Pasar Kotagede Jogjakarta. Ada beberapa spot wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Seperti mengunjungi kompleks makam Raja-raja Mataram, Masjid Agung Kotagede, pasar tradisional Kotagede, serta rumah-rumah tradisional khas Jogjakarta atau bahkan reruntuhan benteng zaman peninggalan kerajaan.

Jogjarockarta

Nah tak hanya Jazz dan kroncong, jogja punya evet music yang tak kalah seru yaitu JogjaROCKarta. Adalah ajang konser musik rock kelas internasional yang di gelar secara rutin setiap tahunnya oleh Rajawali Indonesia Communication selaku pihak promotor dengan home basenya yang berada di kota Yogyakarta. JogjaROCKarta International Rock Music Festival ini sudah memasuki lima tahun penyelenggaraannya, di mana pada tanggal 1 Maret tahun 2020 lalu mendatangkan grup rock kenamaan dunia yang berasal dari Jerman yaitu Scorpions.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *