Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Tips Mengemudi di Luar Negeri untuk Pertama Kalinya

3 min read

image from : unsplash.com

Mengemudi di luar negeri untuk pertama kalinya bisa menjadi pengalaman yang menakutkan.

Dari mengemudi di sisi berlawanan dari mobil atau jalan, hingga mematuhi berbagai aturan dan peraturan, ada banyak hal yang harus dihadapi saat mengemudi di luar negeri.

Baik itu mengemudi di sisi lain jalan, berurusan dengan lalu lintas yang padat atau undang-undang yang sedikit berbeda, luangkan waktu Anda untuk membiasakan diri.

Berikut beberapa tips praktis untuk berkendara di luar negeri, terutama jika Anda baru pertama kali berkendara di luar negeri.

  1. Terbiasa dengan mobil
image from : unsplash.com

Sebelum perjalanan pertama Anda di luar negeri, duduklah di mobil Anda dan luangkan waktu untuk membiasakan diri. Cari tahu di mana semua kontrol berada dan pastikan spion dan kursi Anda disetel dengan benar. Untuk lebih percaya diri, pertimbangkan mengemudi di sekitar tempat parkir yang tenang, ini adalah cara yang bagus untuk melatih kontrol tambahan dan membiasakan diri Anda dengan mobil. Luangkan waktu Anda untuk membiasakan diri dengan kondisi baru ini, terutama saat duduk di sisi lain mobil atau mengemudi di sisi lain jalan.

  1. Pertimbangkan untuk mengambil kursus mengemudi tingkat lanjut
Baca Juga :   10 Kamera Cetak Instant Untuk Traveler yang Direkomendasikan oleh Fotografer Travel

Kursus mengemudi membantu Anda meningkatkan posisi, kontrol, dan kecepatan Anda tergantung pada kondisi lalu lintas dan jalan. Tentu saja ini akan membuat Anda menjadi pengemudi yang lebih percaya diri. Mengambil kursus ini sebelum memulai perjalanan internasional Anda akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk mengemudi di negara asing.

  1. Ketahui hukum dan batas kecepatan
image from : unsplash.com

Hukum bervariasi dari satu negara ke negara lain, jadi ada baiknya untuk menelitinya sebelum Anda mulai mengemudi di luar negeri. Misalnya, beberapa negara mengizinkan lampu merah di banyak persimpangan, sementara yang lain melarangnya sama sekali.

Pertama, periksa sisi jalan yang akan Anda lalui dan dokumen utama yang harus Anda bawa. Tapi juga cari tahu tentang rambu lalu lintas, jalan tol, daerah terlarang, dll di negara tujuan Anda. Apa peraturan kursi anak yang perlu Anda ikuti dan berapa batas mengemudi sambil minum?

Situs web kedutaan biasanya memiliki informasi yang baik tentang apa yang Anda butuhkan untuk perjalanan internasional, tetapi bahkan pencarian Google akan memberi tahu Anda jika Anda memerlukan IDP karena beberapa negara memerlukan Izin Mengemudi Internasional (IDP – International Driving Permit) untuk SIM asing.

  1. Pilih mobil Matic
Baca Juga :   Perjalanan Solo Vs Tur Grup: Mana Yang Tepat Untuk Anda?

Mengemudi di tempat asing bisa membuat stres, jadi mungkin ada baiknya Anda memilih mobil matic yang jarang berhenti. Dengan mobil matic, Anda tidak perlu khawatir dengan kopling atau perpindahan gigi, sehingga Anda bisa fokus mengemudi.

Namun, tidak semua perusahaan rental mobil di semua negara menawarkan mobil matic. Oleh karena itu, jika Anda menyewa mobil matic untuk perjalanan pertama di luar negeri, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu apakah perusahaan rental mobil pilihan Anda tersedia.

  1. Perhatikan jalanmu
image from : unsplash.com

Tergantung pada negara tempat Anda mengemudi, Anda mungkin akan menemukan pengemudi yang lebih agresif daripada pengemudi di negara Anda sendiri. Namun, Anda tidak boleh membiarkan mereka mengintimidasi Anda dan sebaiknya Anda tidak menanggapi gerakan kasar apa pun. Perhatikan jalan di depan daripada fokus pada apa yang dilakukan pengemudi lain. Jika Anda merasa kewalahan, hentikan atau perlambat sampai Anda mendapatkan kembali ketenangan Anda.

  1. Tetap di jalur lambat

Wajar jika Anda merasa cemas saat pertama kali bepergian di luar negeri. Jika Anda ingin bersantai dan mengemudi, lebih baik mengemudi dengan kecepatan Anda sendiri di jalur lambat. Beralih saat Anda siap untuk masuk ke jalur yang lebih cepat. Jika Anda tidak yakin untuk berpindah jalur, tunggu hingga ada celah lalu lintas yang signifikan sebelum berpindah jalur.

  1. Minta GPS
Baca Juga :   Destinasi Terbaik Untuk Honeymoon

Tersesat di luar negeri adalah salah satu kekhawatiran terbesar yang dimiliki orang. Jika Anda khawatir tersesat, pertimbangkan untuk meminta GPS dari perusahaan rental mobil Anda.

GPS tidak hanya membantu Anda menghindari kerumitan tujuan perjalanan, tetapi juga membantu Anda menemukan sendiri tempat-tempat yang wajib dan ingin Anda kunjungi. Dengan GPS, Anda dapat menikmati perjalanan tanpa khawatir tersesat di tempat asing. Atau, jika ponsel Anda berfungsi di negara tujuan Anda dan Anda memiliki data internet yang cukup, Anda bisa menggunakan Google Maps untuk menemukan jalan keluar Anda.

Jadi luangkan waktu Anda, maka pengalaman Anda mengemudi di luar negeri untuk pertama kalinya akan baik-baik saja!

 

Gabriel – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *