Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Cara mengambil foto perjalanan yang baik untuk pemula

3 min read

image from : unsplash.com

Ingin mempelajari beberapa trik sederhana untuk mengambil foto perjalanan yang lebih baik hanya dengan kamera ponsel Anda? Pernahkah Anda mengambil banyak foto selama liburan dan memperhatikan bahwa banyak di antaranya yang tidak terlalu bagus?

Pada akhirnya, ada begitu banyak faktor yang dapat memengaruhi foto Anda – dan kemungkinannya adalah keadaan yang kurang ‘ideal’ ketika Anda sedang berlibur.

Hanya karena kondisinya tidak sempurna bukan berarti Anda tidak dapat mulai mengambil foto yang lebih baik. Faktanya, dengan teknik yang tepat, sebagian besar tantangan yang mungkin Anda hadapi akan teratasi dan hasil foto Anda akan lebih baik.

  1. Cobalah untuk mengambil foto saat cahayanya pas

Dalam kebanyakan kasus, cahaya yang ‘tepat’ adalah ketika ada banyak cahaya lembut yang tersebar dan didistribusikan secara merata ke subjek Anda.

Idealnya, tidak boleh ada bayangan kasar atau sorotan yang terlalu terang. Jadi, seperti yang dapat Anda bayangkan, Anda harus menghindari pemotretan di bawah terik matahari saat cuaca sangat cerah. Demikian pula, mengambil gambar sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam tidak baik karena tidak ada cukup cahaya.

Baca Juga :   Tip perjalanan terbaik untuk vegan

Salah satu waktu terbaik untuk mengambil foto adalah sebelum matahari terbenam atau sesaat setelah matahari terbit, yang dikenal sebagai ‘golden hour’.

  1. Pertahankan kamera setenang mungkin
image from : unsplash.com

Cobalah untuk menjaga kamera setenang mungkin saat mengambil gambar. Ini bisa jadi rumit, tetapi mulailah dengan memegang kamera dengan kedua tangan dan siku tetap di sisi tubuh Anda.

Jika mau, Anda juga dapat mempertimbangkan cara lain untuk memegang kamera, terutama jika Anda ingin berada di posisi berbeda saat mengambil gambar. Pilihan lain yang mungkin ingin Anda pertimbangkan adalah memastikan Anda selalu memiliki tripod untuk bepergian. Temukan sesuatu yang portabel dan mudah diatur sehingga Anda tidak perlu menunggu lama sebelum mengambil gambar.

  1. Gunakan Rule of thirds
Baca Juga :   5 Destinasi Menakjubkan untuk di Kunjungi di Semarang, Indonesia

Rule of thirds bisa dibilang teknik komposisi termudah untuk diterapkan dan tip yang sangat sederhana untuk mengambil foto perjalanan yang lebih baik.

Apa aturan Rule of thirds dalam fotografi?

Untuk memulai Rule of thirds, cukup aktifkan fitur kisi yang ada di sebagian besar kamera dan banyak ponsel. Kemudian gunakan garis kisi dan persimpangan untuk memposisikan subjek Anda dan elemen lainnya. Pikirkan tentang elemen mana dari foto Anda yang paling penting dan cobalah untuk menempatkannya pada atau di dekat garis kisi dan persimpangan.

Objek tidak harus benar-benar selaras selama masih dekat satu sama lain. Mengatur elemen menggunakan kisi 3×3 akan membuat subjek sedikit keluar dari tengah dan terlihat lebih menarik.

Semua elemen penting lainnya juga harus didistribusikan agar komposisinya lebih seimbang.

  1. Temukan perspektif Anda sendiri
image from : unsplash.com

Kebanyakan pemula memotret dari satu sudut pandang (depan, setinggi mata). Jika Anda ingin foto liburan Anda menonjol, padukan sedikit untuk menemukan perspektif unik yang akan menampilkan subjek atau pemandangan Anda dengan cara yang berbeda.

Baca Juga :   Ini Loh Syarat & Prosedur Kalo Kamu Pengen Bikin Paspor

Tempat yang baik untuk memulai adalah memposisikan kamera Anda di dekat permukaan tanah atau mengambil bidikan ‘overhead’. Karena itu, Anda harus selalu mencoba berbagai sudut dan mengambil beberapa foto dari setiap sudut.

  1. Cobalah memotret orang dalam situasi candid

Jika Anda ingin foto perjalanan Anda terlihat lebih unik, cobalah untuk mengabadikan orang-orang dalam momen candid mereka.

Tidak seperti foto berpose, foto candid membawa lebih banyak bobot emosional dan dapat menceritakan sebuah kisah. Ini membuatnya jauh lebih meyakinkan daripada foto yang berpose. Jangan salah, mengambil foto candid orang membutuhkan kesabaran, pandangan yang baik, dan reaksi yang cepat.

Menjaga kamera Anda tetap tergantung di leher Anda adalah pilihan yang baik, karena Anda dapat dengan mudah dan cepat mengambil dan menangkap momen candid.

 

Gabriel – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *