Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Apa yang Harus Dibawa Saat Mendaki ? Inilah Perlengkapan Mendaki yang Tidak Boleh Anda Lupakan

4 min read

image from : unsplash.com

Mendaki gunung adalah kegiatan yang mengasyikkan, baik Anda merencanakan pendakian singkat untuk menjelajahi pegunungan lokal di daerah Anda, atau pendakian beberapa hari yang lebih menantang.  Namun, jika Anda tidak membawa barang yang tepat untuk pendakian Anda, itu bisa dengan cepat berubah menjadi pengalaman yang sangat tidak nyaman.

Oleh karena itu, dalam artikel ini di informasikan beberapa hal terpenting yang harus Anda bawa dalam pendakian apa pun, dengan tingkat kesulitan apapun.

  1. Tas ransel yang sesuai dengan tipe tubuhmu
image from : unsplash.com

Ransel yang berat bisa menjadi bencana saat trekking, itu sebabnya Anda harus selalu memilih tas ransel yang sesuai dengan tipe tubuh Anda. Ransel yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat memengaruhi postur Anda dan menyebabkan ketidaknyamanan. Tetapi Anda juga membutuhkan ransel yang cukup besar untuk membawa semua yang Anda butuhkan.

Sangat disarankan untuk memperhatikan bentuk tubuh Anda dan membeli ransel yang sedikit lebih besar dari panjang badan Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan berat tas dan Anda bisa bernapas dengan nyaman saat mendaki.

Pilih tas ransel fungsional dengan banyak kantong. Memiliki ruang yang cukup untuk semua barang Anda memang penting, begitu juga kantong fungsional. Memiliki kompartemen terpisah untuk botol air Anda (atau kantung hidrasi), dan kompartemen untuk barang berharga, makanan ringan, dll. akan membuat hidup Anda sedikit lebih mudah.

  1. Berpakaian yang Nyaman dan Sesuai
Baca Juga :   Bagaimana cara bertahan dalam perjalanan saat bepergian bersama pasangan dan tanpa putus?

Pakaian hangat diperlukan jika Anda berencana untuk mendaki ke ketinggian yang cukup tinggi. Tetapi bahkan jika Anda melakukan pendakian singkat di iklim yang lebih hangat, cuaca dapat berubah dan menjadi lebih dingin saat matahari terbenam. Jadi, selalu membawa pakaian berlapis merupakan ide yang baik!

Idealnya, kenakan dan bawa pakaian yang memang khusus dirancang untuk trekking, karena pakaian trekking biasanya tahan air, ringan dan tahan angin. Celana trekking juga sangat ideal karena cepat kering dan memiliki kantong di kaki yang cocok untuk menyimpan barang-barang kecil.

Topi hangat merupakan bagian yang cukup penting dari perlengkapan hiking Anda, untuk berjaga-jaga jika Anda kedinginan saat mendaki. Begitu juga dengan sepasang kaus kaki kering untuk berjaga-jaga jika saya Anda harus berjalan melewati air atau terkena hujan tiba-tiba.

Jika Anda terjebak dalam hujan, Anda tentu ingin ponsel, kamera, dan barang elektronik lainnya tetap kering. Jadi pastikan mereka dapat dikemas di suatu tempat yang tahan air dan jangan lupa membawa jas hujan untuk Anda kenakan.

Bagaimanapun juga, pakaian yang Anda kenakan saat mendaki harus bernapas, mudah dilapisi, dan nyaman.

  1. Sepatu yang sesuai
image from : unsplash.com

Sepatu yang bagus jelas merupakan salah satu hal terpenting dalam hiking. Sangat disarankan untuk mendapatkan saran profesional di toko untuk menemukan sepatu yang tepat untuk kaki dan jenis pendakian Anda. Dan jangan melakukan pendakian panjang dengan sepatu baru. Kenakan terlebih dahulu, bahkan jika itu berarti Anda harus memakainya di sekitar rumah selama sekitar satu hari.

  1. Tabir surya (Sunscreen)
Baca Juga :   6 Barang Paling Berguna untuk Perjalanan Jauh

Tabir surya sering kali dilupakan, terutama saat mendaki di iklim dingin atau pada hari-hari ketika matahari terbenam.Tetapi bahkan pada hari-hari berawan dan dingin, matahari masih bisa mendatangkan malapetaka. Pastikan untuk mengoleskan tabir surya (sebaiknya SPF 30+) 30 menit sebelum pergi ke bawah sinar matahari, karena akan membantu Anda menghindari sengatan matahari.

Perlu diingat bahwa, semakin tinggi ketinggian, semakin kuat sinar matahari, jadi ada baiknya mengoleskan tabir surya beberapa kali selama pendakian.

  1. Air

Tetap terhidrasi sangat penting saat mendaki. Pertimbangkan untuk membeli botol air dengan filter. Ini memungkinkan Anda untuk minum air bersih dari sumber mana pun saat hiking atau trekking.

Pedoman berapa banyak air yang harus Anda minum bervariasi. Beberapa mengatakan satu galon (sekitar 4 liter) per 24 jam, yang lain mengatakan setengah liter per jam. Namun pada kenyataannya, itu akan tergantung pada suhu, intensitas pendakian, dan kebugaran Anda.

Tentu saja Anda akan minum lebih banyak daripada di rumah. Pastikan untuk membawa air yang cukup untuk keadaan darurat, karena pendakian bisa memakan waktu lebih lama dari yang direncanakan karena berbagai alasan.

  1. Makanan Ringan
Baca Juga :   6 Cara Efektif Untuk Menjaga Diet Sehat Saat Bepergian

Bawalah makanan yang mudah disiapkan saat mendaki. Tentu saja berapa banyak makanan yang harus Anda bawa itu tergantung pada panjang perjalanan Anda.

Sangat disarankan untuk membawa beberapa makanan ringan, bahkan untuk perjalanan singkat. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di sepanjang jalan. Pendakian bisa saja memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan.

Bawalah makanan yang mudah disiapkan dan tidak terlalu berat untuk dibawa seperti : energy bar, sekantong kacang, dan sandwich siap makan menjadi camilan hiking yang enak. Anda juga bisa mengisi termos dengan sup hangat atau mie instant saat mendaki di cuaca dingin.

  1. Peta dan Kompas
image from : unsplash.com

Meskipun telepon dan perangkat GPS berguna, tetapi tidak selalu dapat diandalkan di daerah terpencil, bisa saja rusak atau kehabisan baterai. Pertimbangkan untuk membawa peta kertas dan kompas untuk cadangan dan ketahui cara menggunakannya.

  1. Headlamp atau jenis senter lainnya

Bahkan jika Anda tidak berencana mendaki setelah gelap, Anda tidak akan pernah tahu apa yang mungkin terjadi. Pastikan untuk membawa headlamp atau senter apa pun bisa digunakan. Pastikan baterainya terisi penuh!

 

Gabriel – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *