Per4an™

Media Online Informasi Perjalanan | https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Kuliner unik dari gunungkidul

2 min read

Daerah Istimewa Yogyakarta, kota yang menyimpan berbagai keunikan, adat serta budaya ini memang selalu menarik untuk di uilk lebih dalam. Bukan hanya karena nilai sejarah kota ini, namun berbagai aspek seperti wisata alam, keanekaragaman budaya di tiap wilayah, bahkan kuliner khas di tiap wilayah di DIY. Seperti halnya Guungkidul, daerah yang berada di sisi timur Yogyakarta ini memiliki berbagai macam makanan khas yang tak boleh di lewatkan bagi pecinta kuliner.

Bagi kalian yang biasa makan di resto/rumah makan terkenal tentu tidak akan menemukan makanan makanan khas gunung kidul yang unik, dari segi rasa, pengolahan, dan bahan yang di gunakan pun bagi sebagian orang sangatlah susah mencarinya jika tidak di Gunung kidul Yogyakarta. Penasaran kan makanan unik apa aja yang ada di Gunung kidul? Yogyakarta, yuk kita ulas beberapa makanan unik khas dari Gunung Kidul.

  1. Nasi Tiwul
    Dahulu kala nasi tiwul adalah makanan pokok bagi warga gunungkidul, nasi tiwul ini sendiri terbuat daritepung gapleksingkong yang telah melalui beberapa proses. Nasi tiwul ini sendiri biasa disajikan dengan gula merah serta parutan kelapa, citarasa yang di hasilkan cenderung manis dan enak tentunya. Penasaran? Silahkan kalian coba jika kalian berkunjung ke gunungkidul, oh ia nasi tiwul ini sekarang banyak di buru oleh para pelancong dari luar daerah juga lho.
  2. Gatot
    Pasangan dari nasi tiwul ini terbuat dari bahan yang sama dengan nasi tiwul, yang membedakan adalah proses serta bentuk dari makanannya. Proses pembuatan gatot ini biasanya di jemur atau di keringkan dalam proses pembuatanya, cara penyajiannya pun tak jauh bebeda, disajikan dengan parutan kelapa serta sedikit garam yang akan membuat gatot ini terasa manis dan gurih.
  1. Sego Abang Jirak
    Sego abang atau biasa di sebut nasi merah ini merupakan makanan yang sangat bergizi, di gunug kidul sendiri nasi merah ini di sebut dengan Sego Abang Jirak, yang di sajikan dengan sayur Lombok ijo serta cabai hijau.
  2. Sayur Lombok Ijo
    Ini dia pasangan dari Sego abang atau nasi merah, sayur ini memiliki citarasa gurih yang khas. Rasa gurih itu tercipta dari kuah santan yang di bumbui oleh bumbu rempah, serta di berikan campuran tempe kedelai yang di bungkus dengan daun jati atau daun pisang.
  1. Walang Goreng
    Inilah dia pamungkas dari Gunungkidul, ya walang goring/ belalang goreng. Sebenarnya ini tergolong makanan extreme. Disisi lain belalang goreng ini memiliki gizi dan protein yang sangat tinggi, tak heran makanan ini banyak juga peminatnya.

Bagi kalian yang berlibur di gnungkidul maka jangan lupa mencicipi makanan unik khas gunung kidul yang kami sebutkan di atas, kalian juga dapat membawakan buah tangan makanan ke sanak saudara atau teman.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *