Per4an™

Media Online Informasi Perjalanan | https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Merasakan Masakan Khas Kraton di Bale Raos

2 min read

Jika kalian berkunjung ke kota Jogjakarta tentu kalian akan menuju ke salah satu tempat yang sangat popular bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogjakarta. Ya Kraton Jogjakarta biasanya disini kalian akan diajak berkeliling kraton dengan melihat berbagai atribut yang di gunakan kerajaan, melihat arsitektur bangunan kraton, dan berkeliling wilayah kraton. Namun selain itu kalian juga bisa merasakan masakan khas kraton yang biasa di sajikan untuk raja atau tamu kerajaan. Nama resto di dalam komplek kraton ini adalah Bale Raos. Seperti apa bentuk resto dan seperti apa makanan makanan yang di sajikan di Bale Raos? Yuk kita simak.

Bale Raos adalah Resto yang menyajikan masakan masakan khas kraton dan khas Jogjakarta, resto ini beralamat di Jalan Magangan Kulon No.1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131, resto yang berdiri sejak tahun 2004 ini menempati bekas barack yang di gunakan olek prajurit kerajaan Kraton Jogjakarta zaman dahulu. Suasana Jawa yang amat kental, di padukan dengan arsitektural ukir ukiran dan furniture khas kraton mambuat resto ini serasa tenang dan damai. Ada kurang lebih 70 menu masakan khas kraton dank has jawa, bahkan beberapa menunya special, karena beberapa menu itu adalah masakan kesukaan dari raja kraton Yogyakarta. Apa saja sih menu masakan yang biasa di hidanngkan untuk Raja Kraton Yogyakarta?

  1. Selada Huzar

Ini adalah menu pembuka yang berbentuk salad, dengan beberapa sayuran seperti selada, tomat, wortel, buncis, bawang merah, putih telur, dan kentang goring. Saus mayones yang berasa manis dan parutan keju pun menjadi pelangkap hidangan ini. Hidangan ini biasa di sajikan pada Sri Sultan HB VIII pada periode tahun 1921-1939.

  1. Sup Timlo

Makanan favorit dari Sri Sultan HB X ini juga menjadi salah satu menu andaan di Bale Raos, rasa kuah yang di hasilkan dari bahan rempah pun membuat Timlo ini mempunyai citarasa yang khas. Isian dari timlo khas kraton ini juga lumayan banyak lho, ada irisan Jamur, ayam, wortel, rolade, bunga pisang, dan keripik kentang

  1. Hidangan Utama

Nasi Liwet Teri, gurame Lombok ijo, kicik daging sapi menjadi hidangan utama yang bisa kalian pesan di Bale Raos. Rasa daging sapi yang empuk. Serta nasi liwet yang cukup mamanjakan lidah ini akan semakin lengkap ketika kalian mencampurnya dengan sambal kecap. Hidangan utama ini pun digemari oleh berbagai kerabat kraton Yogyakarta.

Itulah resto Bale Raos yang terkenal dengan masakan khas Kraton Yogyakarta. Jika kalian berkunjung ke kraton Yogyakarta jangan lupa untuk mampir dan menikmati sensasi makan seperti raja raja kraton Yogyakarta ya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *