Per4an™

Media Online Informasi Perjalanan | https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Kampung Ketandan, Akulturasi Budaya Tionghoa dan Jawa

2 min read

Kampung ketandan adalah sebuah kawasan pecinan yang berada di pusat kota Yogyakarta, lebih tepatnya terletak di kawasan Malioboro. Kampung ketandan ini sendiri berada di tengah tengah pusat perbelanjaan serta sentra wisata dan bersanding dengan adat budaya Yogyakarta, disini pula masih banyak rumah rumah kuno ber arsitektur ala tionghoa, walaupun saat ini sudah mulai tergerus era moderenisasi.

Nah jika kalian berkunjung ke malioboro dan berjalan hingga ke selatan kalian akan menemukan kampung ketandan ini di sebelah kiri jalan. Dengan gapura besar yang di hiasi ornament naga ala tionghoa, tak hanya disitu, begitu kalian masuk ke arah timur kalian akan di suguhkan bangunan ala pecinan jaman dahulu. Masyarakat tionghoa di jogja sendiri sudah ada sejak 200 tahun lalu, dan kebanyakan menempeti kawasan Malioboro seperti kampung Ketandan, kampung Beskalan, dan kampung Pajeksan. Dahulu kawasan ini terkenal sekali dengan took took emas serta perhiasan, bahkan saat ini kalian masih bisa menemui toko toko tersebut di jalan Ketandan.

Pada tahun 2006 masyarakat Ketandan mengadakan event yang di gelar tiap tahun, seminggu setelah hari raya Imlek, event ini berjudul Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta. Kalian yang ingin berwisata ke kota jogja dengan suasana Chinatown yang khas, kalian dapat berkunjung ke kampung ketandan saat di adakannya event ini. Lalu ada apa saja di event ini? Di acara Pekan Budaya Tionghoa ini kalian dapat jalan jalan mencicipi berbagai masakan mulai dari masakan china, masakan ala imlek, bahkan hingga masakan jawa. Selain itu banyak pertunjukan di adakan di acara ini seperti Barongsai, liong, wayang potehi, serta museum patung/boneka Potehi. Tak hanya ramai saat event imlek, kampung ketandan ini juga sering di gunakan sebagai spot foto para wisatawan, bahkan sering juga di jumpai foto Pre-wedding di sepanjang jalan ketandan.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi kampung ketandan sembari merasakan syahdunya suasana Malioboro, kalian dapat bersepeda menggunakan JogjaBike. Cukup mudah kok caranya, kalian tinggal download aplikasi InaBike di playstore, lalu kalian tinggal datang ke shelter shelter JogjaBike yang ada di kawasan Malioboro, nah jika sudah berhasil tinggal deh kalian jalan ke selatan menuju kamoung ketandan untuk berswafoto dengan background Pecinan Kota Jogjakarta ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *