Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

20 Tips Mengemudi dengan Aman

3 min read

image from : unsplash.com

image from : unsplash.com

Menuju perjalanan Anda berikutnya? Baik Anda membawa anak-anak ke rumah nenek atau berkendara ke pantai, jangan meninggalkan rumah tanpa mengetahui tips mengemudi yang sudah terbukti. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang lalu lintas, menghemat uang, dan tetap aman (dan tetap terjaga!) di perjalanan Anda berikutnya.

  1. Pastikan Anda cukup tidur dan makan makanan ringan sebelum memulai perjalanan panjang. Minuman berkafein tidak selalu menjadi cara terbaik untuk tetap terjaga saat mengemudi.
  2. Berhenti dan istirahat setiap beberapa jam, bahkan jika Anda tidak lelah. Ambil camilan, hirup udara segar dan berjalan-jalan untuk meregangkan kaki Anda. Tidur siang sebentar jika perlu.
  3. Jika memungkinkan, bagikan tanggung jawab mengemudi dengan orang lain. Jadi Anda bisa saling mengawasi saat mengemudi dan tidur siang tanpa membuang waktu. Jika Anda mengemudi sendiri, nyalakan radio atau putar musik dan biarkan jendelanya sedikit terbuka.
  4. Jika Anda harus berhenti, pindahkan mobil Anda dari jalan. Jangan parkir di pinggir jalan yang keras kecuali dalam keadaan darurat.
  5. Periksa undang-undang di sepanjang rute Anda mengenai penggunaan ponsel saat mengemudi. Apa yang legal di satu tempat mungkin ilegal di tempat lain, dan ketidaktahuan umumnya bukan alasan yang dapat diterima untuk pelanggaran. Bahkan jika menggunakan ponsel Anda untuk mengetahui ke mana Anda pergi, biasanya paling aman menggunakan perangkat handsfree.
  6. Jangan minum alkohol sebelum bepergian, bir mungkin tidak membuat Anda mabuk, tetapi itu akan membuat Anda mengantuk.
  7. Awasi langit dan, jika mungkin, rencanakan rute Anda ketika cuaca buruk. Sedikit jalan memutar sebenarnya dapat menghemat banyak waktu.
  8. Gunakan aplikasi smartphone seperti Waze dan Google Maps untuk menghindari kemacetan lalu lintas.
  9. Bahkan aplikasi GPS tidak mudah, terutama di daerah terpencil. Disarankan untuk membawa peta cetak atau peta jalan sebagai cadangan untuk berjaga-jaga.
  10. Jika Anda mengendarai mobil sewaan, biasakan diri Anda dengan mobil sewaan dan segala perlengkapannya (klakson, rem, lampu hazard).
  11. Kunci semua barang berharga di bagasi atau kotak sarung tangan dan simpan semua barang di bagasi.
  12. Biasakan diri Anda dengan undang-undang lalu lintas setempat, yang bervariasi dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya, terutama di luar negeri. Apakah legal untuk berbelok ke kanan di lampu merah? Apa aturan jalur pejalan kaki?
  13. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik sebelum memulai perjalanan jauh. Pastikan ban dipompa dengan benar, semua cairan berada pada level yang tepat dan tangki penuh. (Terutama pada perjalanan jauh, Anda harus meminta mekanik Anda untuk pemeriksaan yang lebih teliti.)
  14. Pertimbangkan untuk mendaftar di program bantuan pinggir jalan perusahaan asuransi mobil. Anda tidak akan menyesal jika mobil Anda mogok di pinggir jalan yang terpencil.
  15. Hemat uang dengan menghemat bensin saat mengemudi. Minimalkan start dan stop yang tiba-tiba, kosongkan semua beban yang tidak perlu dan memperlambat. Kebanyakan mobil membutuhkan bahan bakar jauh lebih sedikit untuk berjalan pada 80km/jam daripada 120km/jam.
  16. Jangan menunggu sampai pengukur bahan bakar menunjukkan E untuk mengisi bahan bakar. Di jalan yang tidak dikenal, Anda tidak pernah tahu kapan pompa bensin berikutnya akan muncul. Ketika Anda mencapai seperempat tangki, temukan tempat untuk mengisi bahan bakar.
  17. Saat bepergian dengan anak-anak, sering-seringlah berhenti untuk bersenang-senang serta jajan dan istirahat di kamar mandi. Lihat taman bermain keren di jalan? Berhenti dan bermain sejenak. Mainan, buku, dan musik juga harus dimuat di dalam mobil, belum lagi obat mabuk perjalanan.
  18. Apakah Anda merasa sakit? Beli makanan ringan dan minuman di toko bahan makanan, bukan di pom bensin dan toko serba ada. Anda bisa mendapatkan lebih banyak pilihan yang lebih sehat dan harga yang lebih baik.
  19. Untuk perjalanan jauh, siapkan serbet, piring plastik, dan pendingin kecil untuk makanan saat bepergian. Anda juga memerlukan uang kembalian, kotak P3K, senter, bantal, dan selimut. Simpan satu set kabel jumper, ban serep, dan cairan ekstra mobil (seperti cairan wiper kaca depan) di bagasi Anda.
  20. Tip terakhir pastikan semua orang di dalam mobil memasang sabuk pengamannya. Tidak hanya akan membuat Anda tetap aman, tetapi di sebagian besar tempat ini juga sebuah peraturan hukum.
Baca Juga :   Faktor Utama Yang Berkontribusi Terhadap Keselamatan Anda Secara Keseluruhan Saat Mengemudi

 

GabrielGiovany – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *