Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Tips Menjaga Keamanan Data Anda Saat Bepergian

3 min read

image from : unsplash.com

Saat Anda bepergian ke luar negeri dan memposting perjalanan Anda secara publik, pastikan Anda melindungi diri sendiri dan menjaga privasi Anda. Ikuti tips praktis ini sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang seseorang yang meretas akun atau data Anda.

Kunci Perangkat

Sebagian besar ponsel pintar, laptop, dan tablet dilengkapi dengan pengaturan keamanan yang memungkinkan Anda mengunci perangkat menggunakan nomor PIN atau ID sidik jari. Lakukan ini di setiap perangkat yang tersedia. Saat bepergian, ubah nomor PIN yang biasa Anda gunakan. Jika ada perangkat Anda yang hilang atau terlupakan untuk sementara, ini akan menjadi garis pertahanan pertama melawan pelanggaran keamanan.

Jika Anda berencana bepergian, ubah semua kata sandi yang biasa Anda gunakan. Demikian pula, jika Anda harus membuat PIN untuk brankas atau security box di kamar hotel, pastikan itu unik dan bukan sesuatu yang biasa Anda gunakan.

Jangan berhemat pada pembuatan kata sandi juga urutan numerik tidak ideal. Luangkan waktu untuk menciptakan sesuatu yang akan menjauhkan penjahat dari properti pribadi Anda. Setelah Anda kembali ke rumah, Anda dapat mengubah semua kata sandi kembali.

Baca Juga :   Perjalanan Solo Vs Tur Grup: Mana Yang Tepat Untuk Anda?

Hati-Hati Terhadap Wifi Publik

Akses WiFi gratis bisa sangat menarik bagi pelancong bisnis atau liburan, tetapi juga sangat rentan terhadap masalah keamanan. Hindari jaringan WiFi yang tidak terenkripsi. Tanyakan hotel Anda tentang protokol keamanannya sebelum terhubung ke Web. Berhati-hatilah saat menggunakan warnet dan hotspot WiFi gratis; jika Anda harus menggunakannya, hindari mengakses akun pribadi atau data sensitif saat terhubung ke jaringan tersebut.

Nonaktifkan Koneksi Otomatis

Sebagian besar ponsel memiliki pengaturan yang memungkinkan perangkat terhubung secara otomatis ke jaringan WiFi saat Anda melewatinya. Meskipun ini adalah fitur yang bagus saat digunakan di rumah, ini bukan sesuatu yang harus Anda izinkan saat bepergian ke luar negeri. Sebelum Anda bepergian, ubah pengaturan ini sehingga smartphone dan laptop Anda harus terhubung secara manual setiap kali Anda mengakses Web.

Unduh Aplikasi Pencari Telepon

Lindungi diri Anda jika ponsel hilang. Cadangkan ponsel Anda sebelum berangkat dan pastikan bahwa jika Anda kehilangan ponsel, Anda dapat menghapusnya dari komputer dari jarak jauh. Banyak aplikasi ponsel cerdas seperti “Find myIPhone” yang memungkinkan Anda menghapus data pribadi sepenuhnya dari ponsel atau pesan teks kumpulan kata-kata khusus yang akan mematikan mode senyap Anda dan akan mulai berdering (bagus untuk saat-saat itu Anda juga salah meletakkan ponsel di kamar hotel!).

Baca Juga :   Cara Terbaik untuk Menampilkan Kenangan Perjalanan Anda

Keluar Dari Akun Pribadi Anda (Di Ponsel Anda & Di Kafe Internet!)

Sangat menggoda untuk masuk ke akun Facebook Anda untuk mengirim pembaruan tentang perjalanan Anda dan memberi tahu teman Anda semua kesenangan yang Anda alami. Namun Anda berisiko membiarkan orang lain mengakses data Anda dengan tetap masuk. Bantulah diri Anda sendiri dan ambil langkah ekstra dengan memasukkan kata sandi agar tetap terhubung di media sosial. Anda juga bisa mengucapkan selamat tinggal pada semua pembaruan status Facebook prank itu! Pastikan untuk menghapus centang pada kotak yang mengatakan “tetap masuk” yang mungkin secara otomatis dicentang.

Baca Juga :   6 Hal yang Harus Diketahui Pemula Tentang Perjalanan Internasional

Minimalkan Berbagi Lokasi

Sangat umum bagi wisatawan untuk memperbarui situs jejaring sosial saat mereka berpindah ke kabupaten atau kota baru. Masalah dengan jenis berbagi yang berlebihan ini adalah menciptakan ancaman keamanan di rumah. Dengan menandai setiap lokasi Anda, Anda memudahkan penjahat untuk menentukan bahwa Anda tidak berada di kamar hotel atau di rumah Anda, meninggalkan barang-barang pribadi Anda di area ini rentan terhadap gangguan fisik.

Banyak perangkat sebenarnya telah disetel sebelumnya untuk menargetkan lokasi yang tepat saat Anda mengambil foto dan melampirkannya ke data foto artinya jika Anda berbagi foto itu dengan siapa pun, Anda dapat mengungkapkan lokasi persis Anda saat ini yang mengungkapkan banyak informasi tentang diri Anda. Pastikan untuk memeriksa pengaturan foto Anda di ponsel cerdas Anda untuk memastikan bahwa Anda mempertahankan lokasi dan keberadaan Anda. Batasi informasi yang Anda posting online tentang keberadaan spesifik Anda untuk membatasi ancaman ini terhadap properti pribadi Anda.

 

GabrielGiovany – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *