Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

9 Cara Membuat Perjalanan Kereta yang Lama Jadi Lebih Nyaman

4 min read

image from : unsplash.com

Dalam hal kenyamanan, sebagian besar wisatawan akan selalu memilih kereta daripada pesawat. Kabin kereta api biasanya memiliki lebih banyak ruang kaki dan siku daripada kabin pesawat, dan tidak ada sabuk pengaman, untuk mencegah Anda untuk bangun atau bergerak. Laju perjalanan yang lebih lambat membuat perubahan zona waktu tidak terlalu membebani. Namun, terjebak di kursi selama berjam-jam berarti perjalanan kereta api yang panjang masih dapat membebani tubuh dan pikiran Anda.

Dari saran tentang apa yang harus dibawa, berikut adalah beberapa tips untuk membuat perjalanan kereta api panjang Anda berikutnya lebih mudah dan lebih nyaman.

Kenakan Pakaian Yang Nyaman

Saat memutuskan apa yang akan dibawa untuk perjalanan kereta api, pakaian yang nyaman harus menjadi daftar teratas. Sekarang bukan waktunya untuk memakai skinny jeans ketat dan sepatu hak tinggi. Sebagai gantinya, pilih pakaian santai yang terbuat dari kain yang lembut dan melar. Pilihannya termasuk celana chino ultra-stretch untuk pria, legging untuk wanita, dan sandal untuk perjalanan larut malam ke kamar mandi atau kantin kereta. Pakaian berlapis direkomendasikan jika suhu di kereta terlalu panas atau terlalu dingin.

Upgrade Tempat Duduk

Jika anggaran dan ketersediaan memungkinkan, upgrade tempat duduk Anda adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk membuat perjalanan kereta panjang Anda lebih nyaman. Anda dapat memesan kabin tidur alih-alih kursi sehingga Anda dapat berbaring di perjalanan malam, atau memesan kursi kelas satu atau bisnis untuk mendapatkan ruang kaki ekstra, pijakan kaki, dan sandaran yang lebih besar.

Baca Juga :   Panduan Backpacker ke Vietnam

Pilih Kursi Dekat Jendela

image from : unsplash.com

Pesawat populer di kalangan wisatawan yang suka menikmati pemandangan dan bisa bersandar. Tempat duduk dekat jendela di kereta juga sama menariknya dengan pemandangan luar biasa yang layak dilihat. Banyak kereta memiliki tempat duduk yang menghadap ke depan dan ke belakang. Jika Anda rentan terhadap mabuk perjalanan, ambil salah satu kursi yang searah dengan tujuan Anda.

Alat Tambahan

Kursi kereta standar mungkin nyaman bagi sebagian orang, tetapi tidak cocok untuk penumpang dari semua ukuran dan bentuk. Apakah Anda memiliki kaki yang pendek? Pertimbangkan untuk membawa pijakan kaki tiup agar kaki Anda tidak menggantung saat berada di kereta. Apakah Anda menderita masalah punggung atau tulang ekor? Isi bantal kursi tiup untuk menenangkan tulang belakang Anda pada perjalanan kereta yang panjang, atau isi bantal penyangga pinggang untuk mencegah sakit punggung setelah duduk dalam waktu lama. Jika Anda berencana untuk mencoba tidur di kursi Anda, bawalah selimut microfiber yang nyaman dan bantal perjalanan pilihan Anda.

Bawa Hiburan Anda Sendiri

image from : unsplash.com

Buku, film, dan musik dapat menjadi penyelamat dalam perjalanan kereta api yang panjang, tetapi Anda memerlukan rencana untuk tetap mengisi daya. Beberapa kereta memiliki colokan listrik di setiap kursi. Pastikan Anda memiliki adaptor yang tepat untuk pengisi daya saat bepergian ke luar negeri. Di kereta tanpa outlet listrik, Anda harus membawa pengisi daya sendiri (powerbank) untuk memperpanjang durasi baterai perangkat Anda.

Pertimbangkan untuk membawa beberapa hiburan berteknologi rendah, seperti game console atau kartu sederhana.

Blokir Dunia Sekitar

Bagian dari daya tarik bepergian dengan kereta api adalah menyaksikan pemandangan yang berbeda lewat di luar jendela Anda, tetapi ketika hari mulai gelap atau Anda hanya perlu tidur siang, Anda mungkin ingin menyembunyikan sekeliling Anda untuk sementara waktu.

Lindungi diri Anda dari lampu overhead yang keras dan obrolan penumpang lain dengan masker tidur dan set penutup telinga. Jika Anda ingin tidur sambil mendengarkan musik, headphone peredam bising adalah pilihan yang tepat.

Memilih Tas yang tepat

Salah satu hal terbaik tentang bepergian dengan kereta api adalah pembatasan bagasi biasanya tidak terlalu memberatkan dibandingkan maskapai penerbangan.

Untungnya, Anda tidak perlu membayar untuk mengemas pakaian selama seminggu ke dalam tas ransel anak-anak. Berita buruknya adalah bagasi masih harus diseret di sekitar stasiun dan kadang-kadang (di beberapa kereta) diangkat ke tempat sampah di atas kepala. Dengan berat hanya 5 pon, tas jinjing 20 inci ini mudah diangkat, ditumpuk, dan dinavigasi melalui gang sempit.

Baca Juga :   3 Langkah yang Harus Dilakukan Saat Pihak Bandara Merusak Bagasi Anda

Tas kecil berisi gadget, dokumen perjalanan, dompet, obat-obatan dan barang berharga lainnya harus disimpan di dekat kursi karena koper besar dapat disimpan di area yang tidak dapat diakses di dalam kendaraan. Pertimbangkan tas jinjing atau daypack untuk kenyamanan Anda.

Bawa makanan ringan Anda sendiri

Untungnya, peraturan maskapai 3-1-1 untuk cairan dan gel tidak berlaku di kereta, jadi Anda bisa menyimpan barang-barang seperti yogurt atau sayuran dengan hummus dalam pendingin perjalanan kecil. Pilihan lezat dan sehat yang tidak memerlukan pendinginan termasuk kacang-kacangan, batangan granola, dan buah. Anda bisa menghemat uang untuk minuman dengan mengisi ulang botol air Anda yang dapat digunakan kembali.

Penyegar

Setelah hari atau malam yang panjang di kereta, sedikit penyegaran akan membuat Anda merasa segar. Usap cepat ke wajah Anda dengan tisu pembersih tanpa air, semprotan Listerine Pocket Mist untuk menghilangkan keasaman dari mulut Anda, dan gel tangan antibakteri untuk membunuh kuman yang menempel di sandaran tangan Anda. Juga, memiliki deodoran ukuran perjalanan di tangan bukanlah ide yang buruk.

 

GabrielGiovany – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *