Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Wisata Budaya Unik di Indonesia

3 min read

image from : unsplash.com

Sebagai negara terpadat ke-4 di dunia, dengan lebih dari 300 kelompok etnis yang tersebar di ribuan pulau, budaya di Indonesia jauh lebih beragam dari yang Anda kira.

Tentu, sebagian besar tahu negara ini yang terbaik untuk menjadi surga matahari, selancar, dan pantai yang Instagrammable, tetapi di luar itu, Indonesia adalah harta karun berkilauan dari budaya mindblowing.

Berikut adalah beberapa pengalaman keren untuk dicoba pada perjalanan Anda berikutnya,

1. Ikuti ritual kematian Toraja yang terkenal di dunia

image from : unsplash.com

Berada di Toraja, di antara lingkungan subur dataran tinggi Sulawesi Selatan. Ini adalah pemandangan yang indah, tetapi plot twist – Anda segera melihat peti mati gantung dan patung-patung yang sangat hidup yang menyambut Anda ke dalam atraksi yang Anda datangi , gua-gua gelap dan berkelok-kelok yang dipenuhi tengkorak, persembahan, dan banyak peti mati.

Bagi Anda yang berani, ini mungkin salah satu contoh budaya dan tradisi Indonesia paling menarik yang pernah Anda lihat.

Ritual kematian suku Toraja yang memesona telah menjadi magnet bagi wisatawan yang ingin tahu di seluruh dunia, yang berduyun-duyun ke dataran tinggi Sulawesi Selatan setiap tahun untuk mengamati sendiri tradisi ini.

Baca Juga :   6 Aksesoris Komputer Penting untuk Perjalanan

Di Toraja, kematian lebih dirayakan daripada kelahiran atau pernikahan, itulah sebabnya upacara pemakaman mereka termasuk yang paling mewah di dunia.

Kegiatan yang disarankan:

Kunjungi Londa dan ikuti tur berpemandu ke pemakaman gua. Petualang yang tak kenal takut bahkan dapat memilih untuk pergi sendirian, dengan lampu minyak tersedia untuk disewa jika Anda memang menginginkannya.

Saat berada di area tersebut, pastikan juga untuk mampir ke Kete Kesu, sebuah desa kuno yang indah di antara sawah.

2. Kunjungi Danau Toba & pelajari kekayaan warisan budaya masyarakat Batak

Tercipta dari letusan supervolcano sekitar 70.000 tahun yang lalu, Danau Toba di Sumatera Utara benar-benar pemandangan yang patut dilihat. Selain danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba juga meletus (maaf – bad pun) dengan budaya dan sejarah yang menarik.

Sebagai rumah bagi orang Batak, salah satu kelompok etnis terbesar di Indonesia, perjalanan ke sini adalah kesempatan untuk membenamkan diri dalam arsitektur berorientasi detail yang menakjubkan dan belajar tentang seluk-beluk budaya Batak di Indonesia, termasuk sistem klan mereka yang sangat kompleks (mereka sarana organisasi sosial-politik) dan penekanan kuat pada kekerabatan.

Baca Juga :   Obyek Wisata di Maldives (Maladewa) : Sultan Park

Kegiatan yang disarankan:

Kunjungi Pulau Samosir, sebuah pulau seukuran Singapura di tengah danau, dan tempat yang tepat untuk merasakan budaya unik orang Batak Indonesia. Di sini, Anda dapat menjelajahi TB Silalahi Centre, sebuah museum yang menampilkan artefak menarik dari budaya Batak dan juga mampir ke desa kuno Huta Siallagan, di mana Anda dapat melihat rumah tradisional Batak dan melihat Pohon Hariara, yang dianggap oleh orang Batak menjadi suci.

3. Nikmati warisan pengrajin yang kaya di Jawa

Salah satu ekspor budaya paling populer di Indonesia adalah batik, kain yang terlihat di seluruh negeri, seringkali dalam pakaian tradisional Indonesia. Batik datang dalam semua warna, pola dan ukuran, dan dibuat dengan menjiplak desain dengan lilin dan kemudian dicelup untuk menghasilkan pola rumit yang mengesankan.

Dari toko suvenir turis hingga butik kelas atas yang megah, Anda dapat menemukan batik hampir di mana saja di Indonesia, tetapi Jawa adalah asalnya, dan ada banyak kesempatan luar biasa untuk melihatnya dibuat. Dan jika Anda sedang mencari aktivitas unik Indonesia yang memungkinkan Anda benar-benar meresapi budaya Indonesia, Anda bahkan dapat mencoba membuatnya sendiri.

Baca Juga :   6 Tempat Luar Biasa Untuk Skydiving di Indonesia

4. Pelajari lebih lanjut tentang agama di Indonesia: kunjungi berbagai kuil dan tempat ibadah

Faktanya, negara ini sebenarnya memiliki enam agama resmi, yang berarti negara ini menawarkan bagian yang adil dari gereja, masjid, dan tempat ibadah lainnya yang indah.

Tentu saja, keragaman agama di negara ini terwujud dalam perpaduan berbagai kuil dan situs keagamaan yang layak dikunjungi, banyak di antaranya secara terbuka mengundang pengunjung untuk datang dan belajar lebih banyak tentang banyak agama di Indonesia.

Kegiatan yang disarankan:

Daftar yang harus dilihat terlalu panjang, dan tergantung di mana Anda memilih untuk menghabiskan waktu Anda di Indonesia, tetapi beberapa pengalaman paling populer termasuk mandi di perairan suci Tirta Empul di Bali, mengunjungi Borobudur di Jawa Tengah (tempat wisata dunia). candi Budha terbesar) dan berendam dalam kemegahan Masjid Istiqal Jakarta (terbesar di Asia Tenggara).

 

GabrielGiovany – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *