Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

7 Tips Menulis untuk Memulai Jurnal Perjalanan Anda sebagai Traveler

3 min read

image from : unsplash.com

Bepergian sangat menyenangkan. Bagi banyak orang, ini adalah pengalaman yang paling menggembirakan dan bermanfaat dari semuanya. Beberapa orang menemukan seluruh pengalaman begitu dalam sehingga mereka memilih untuk pergi sendiri tanpa bergantung pada keinginan seorang pendamping. Jumlah pelancong solo terus meningkat, dan banyak agen tur grup mulai mengakomodasi pelancong solo untuk memenuhi permintaan.

Jika Anda salah satu dari mereka, saya yakin Anda setidaknya pernah sekali dalam hidup Anda merasakan dorongan untuk menuliskan pena di atas kertas dan mulai menulis jurnal perjalanan. Memang, ini tidak kalah seru dan menyenangkan dari perjalanan itu sendiri. Hal ini tidak menakutkan seperti yang terlihat.

Artikel ini dibuat untuk mempermudah Anda memulai dengan menawarkan tips-tips di bawah ini :

Tulis sambil jalan

Ini bukan latihan akademis, jadi tidak perlu membuatnya menyakitkan untuk memulai. Alih-alih melalui sejumlah panduan tentang cara melakukannya, dapatkan pena dan selembar kertas dan mulailah menulis! Lupakan tentang pendahuluan dan kesimpulan. Bagaimanapun, itu seharusnya menyenangkan.

Baca Juga :   7 Hal Seru yang Bisa Dilakukan Untuk Liburan yang Tak Terlupakan Di Jakarta!

Saat memulai jurnal perjalanan, banyak orang merasa menggunakan catatan tempel untuk mencatat ide, pengamatan, perasaan, atau kesan mereka akan lebih efektif.

Sering menulis

Jadikan kebiasaan Anda untuk menulis setiap hari dalam hari Anda. Tulis sepanjang hari, dan sisihkan 20 atau 30 menit di sore hari untuk mengumpulkan atau meringkas catatan Anda.

Ketika perjalanan Anda agak membosankan atau mood Anda sedang dalam suasana buruk, tulislah setiap dua hari sekali. Banyak tatihan akan membuatnya semakin sempurna, sehingga Anda akan melihat kemajuan dalam meningkatkan keterampilan pengamatan dan menulis Anda.

Tambahkan gambar

Jadikan itu nyata dengan menambahkan banyak gambar. Bahkan jika Anda bukan fotografer hebat, Anda selalu dapat berkembang sebagai fotografer. Gambar juga berfungsi dengan baik dalam mengembalikan kenangan menyenangkan dengan lebih jelas. Terkadang, Anda bahkan tidak perlu menambahkan kata ke jurnal Anda untuk menceritakan sebuah kisah. Gambaran yang jitu seringkali cukup untuk dikatakan.

Jangan lupa untuk meminta izin jika Anda memotret seseorang yang tidak Anda kenal. Dalam beberapa budaya, dianggap sangat tidak sopan jika tidak mengancam untuk memotret orang asing. Biasanya, orang akan baik-baik saja dengan itu tetapi meminta izin untuk berada di sisi yang aman.

Baca Juga :   Mengatasi Culture Shock Reverse (Kejutan budaya terbalik)

Tetap mengamati

Melatih pikiran, telinga, dan mata Anda untuk mencatat segala sesuatu yang patut diperhatikan. Pengamatan adalah kunci keberhasilan. Jangan berharap Anda akan memahami semua yang Anda lihat atau dengar. Ketika Anda bepergian ke luar negeri, Anda akan menemukan banyak hal baru dan aneh. Jelaskan kejutan budaya yang Anda alami dan buat catatan tentang perbedaan dan keragaman.

Catat Do and Don’t

Pastikan itu tidak hanya menyenangkan tetapi juga bermanfaat. Tidak diragukan lagi, setiap perjalanan adalah pengalaman belajar baru. Tidak peduli seberapa baik Anda mempersiapkan diri untuk perjalanan, Anda pasti akan menemukan kecerobohan, komentar di luar konteks, atau tindakan yang tidak pantas.

Pastikan Anda belajar dari kesalahan Anda dengan menyimpan catatan apa yang harus dan tidak boleh dilakukan. Anda dapat memiliki bagian terpisah di jurnal Anda di mana Anda akan meringkasnya setelah setiap perjalanan.

Baca Juga :   5 Kesalahan Fashion Terburuk Saat Traveling

Tambahkan cerita yang menarik bagi manusia

Jangan hanya menulis tentang bangunan, museum, dan acara. Tulis banyak tentang orang yang Anda temui, cerita mereka, dan perilaku mereka. Gali lebih dalam struktur sosial masyarakat lokal, dan cobalah untuk memahami bagaimana penduduk setempat berinteraksi satu sama lain.

Perlakukan cerita human interest sebagai bagian besar dari adat dan tradisi lokal yang memberikan petunjuk untuk memahami nuansa dan seluk-beluk peka budaya.

Menempatkan Pena Ke Kertas

Jangan terintimidasi dengan berpikir bahwa keterampilan menulis Anda tidak akan berhasil. Perlakukan prosesnya sebagai semacam pelatihan di tempat kerja, di mana Anda akan membuat kemajuan dan peningkatan seiring berjalannya waktu.

Keterampilan pengamatan Anda akan lebih penting daripada apa pun dalam usaha Anda. Perhatikan semua yang terjadi. Apa yang tampak seperti rutinitas bagi penduduk setempat mungkin tidak biasa bagi Anda. Carilah ide kreatif untuk jurnal Anda.

 

GabrielGiovany – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *