Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Bahaya Pantai Yang Harus Anda Waspadai

3 min read

image from : unsplash.com

Cahaya pantai yang indah , air biru cerah, langit cerah, pasir hangat yang menyembunyikan bahaya pantai. Pantai adalah rumah bagi tumbuhan dan hewan yang berbahaya dan seringkali terkontaminasi. Artikel ini tidak untuk menakut-nakuti Anda tetapi membantu Anda untuk tetap berhati-hati.

Berikut adalah  bahaya umum yang harus Anda ketahui sebelum perjalanan Anda berikutnya ke pantai.

Rift

Rift, juga dikenal sebagai rip current atau undertow, adalah jalur air yang kuat di dekat pantai yang mengalir menjauh dari daratan. Ini seringkali sulit dikenali, dan yang lebih buruk lagi, arus dapat mengalir deras dengan kecepatan yang memusingkan dan berbahaya, hingga 8 kaki per detik. Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA), arus rip bertanggung jawab atas lebih dari 80% alasan penyelamatan penjaga pantai, dan lebih dari 100 orang tenggelam setiap tahun di Amerika Serikat karena bahaya laut yang serius ini.

Hiu

image from : unsplash.com

Banyak industri hiburan yang memicu ketakutan terhadap hiu, tetapi apakah ikan yang menakutkan merupakan ancaman yang sah? Menurut beberapa laporan, serangan hiu telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga :   5 Tur Dan Petualangan Yang Kurang Terkenal Untuk Anda Coba

Harmful algal blooms (HABs) yang berbahaya

Harmful algal blooms (HABs) atau Mekar ganggang yang meluas, kadang-kadang disebut pasang merah, bisa sangat berbahaya bagi manusia dan satwa liar. Alga belum tentu berbahaya, namun racun yang dihasilkan oleh koloni mikroalga alami yang tumbuh di alam liar dapat menyebabkan diare, muntah, kram perut, dan bahkan kematian. Harmful algal blooms (HABs) terjadi di danau dan lautan di seluruh dunia, dan ancaman serius terhadap kesehatan manusia ini tampaknya meningkat.

Kelapa yang Jatuh

image from : unsplash.com

Tidak main-main, kelapa yang jatuh adalah ancaman nyata. Bayangkan saja: Buah kelapa seberat 9 pon yang jatuh 100 kaki ke tanah tentu saja bisa melukai seorang pengunjung pantai. Pusat Informasi Bioteknologi Nasional (NCBI) melaporkan bahwa hantaman kelapa yang jatuh dapat memiliki lebih dari satu ton dampak. Tidak ada statistik pasti tentang tingkat kematian kelapa, tetapi ada kasus terdokumentasi dari pengunjung pantai yang menderita patah tulang tengkorak dan gegar otak karena kejatuhun buah.

Air Kotor

Sayangnya, pencemaran pantai telah meluas. Air yang tercemar oleh limbah, polusi air hujan, dan zat beracun lainnya dapat membuat pengunjung pantai sangat sakit, dapat menyebabkan berbagai penyakit, bahkan flu biasa.

Terbakar Sinar Matahari

Kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet (UV) bisa dibilang merupakan bahaya pantai yang paling umum. Destinasi di dekat khatulistiwa sangat berbahaya bagi pengunjung pantai, karena destinasi lintang rendah menerima sinar matahari langsung yang lebih kuat. Air laut yang memantulkan sinar matahari juga dapat meningkatkan intensitas sinar UV. Sinar matahari paling merusak antara pukul 10 pagi dan 4 sore, terutama di akhir musim semi dan awal musim panas.

Ubur-ubur

image from : unsplash.com

Beberapa ubur-ubur tidak berbahaya, namun yang lainnya adalah monster gantung tentakel yang dapat mengakhiri kehidupan manusia. Beberapa sumber mengatakan ubur-ubur kotak yang mematikan, ditemukan terutama di perairan Australia utara dan di seluruh Indo-Pasifik, membunuh sebanyak 100 orang per tahun. Jelatang laut, spesies ubur-ubur yang paling umum ditemukan di pantai timur laut Amerika Serikat, tidak menakutkan seperti ubur-ubur kotak berukuran manusia yang beracun, tetapi makhluk berbentuk payung ini diketahui dapat membunuh orang. Sengatannya dapat menyebabkan ruam kulit dan nyeri otot. Spesies ubur-ubur berbahaya lainnya termasuk kapal perang Portugis, yang mendiami perairan hangat di seluruh dunia, dan ubur-ubur surai singa, yang ditemukan di daerah Pasifik dan Atlantik yang lebih dingin.

Baca Juga :   Cara Media Sosial Membuat Perjalanan Anda Menakjubkan

Ikan Pari

Lupakan hiu, jika ada satu hewan laut yang membuat para perenang merinding, itu pasti ikan pari. Sengatan ikan pari bisa sangat menyakitkan. Meskipun umumnya aman untuk berenang dengan makhluk menakutkan ini, bahaya sebenarnya ada di kaki Anda. Hal-hal buruk terjadi ketika seseorang menginjak ikan pari yang tertutup dan tersembunyi. Menurut beberapa sumber, sebagian besar sengatan terjadi di tingkat pergelangan kaki.

 

GabrielGiovany – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *