Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Cara Menghemat Uang Saat Bepergian

5 min read

Bepergian mungkin adalah salah satu hal paling berharga yang dapat Anda lakukan, tetapi sayangnya itu ada harganya.

Untungnya, ada banyak cara kecil dan mudah untuk menghemat uang saat bepergian.

Di bawah ini adalah beberapa tip hemat uang favorit saya yang saya gunakan untuk memungkinkan saya bepergian lebih lama.

Menghemat Uang untuk Akomodasi

image from : unsplash.com
  1. Pesan langsung melalui situs web akomodasi

Cara mudah menghemat uang untuk akomodasi adalah dengan memesan langsung melalui situs web penyedia akomodasi. Anda bisa terlebih dahulu melakukan pencarian awal di situs seperti Agoda atau Booking.com untuk membandingkan harga di situs web properti. Akomodasi seringkali lebih murah jika Anda memesan langsung, dan biasanya mendaftar ke program loyalitas dapat menghemat lebih banyak lagi di masa mendatang.

  1. Tinggal di Hostel

Cara yang jelas untuk menghemat uang adalah tinggal di hostel. Hostel cenderung menjadi akomodasi termurah dan menawarkan begitu banyak fasilitas menarik. Sebagian besar kamar memiliki fasilitas seperti dapur, binatu, dan area umum. Biasanya juga tersedia fasilitas seperti tur murah dan minuman bar, ini merupakan cara yang bagus untuk bertemu orang-orang, terutama jika Anda bepergian sendiri.

  1. Pertimbangkan Airbnb

Jika Anda mencari sedikit lebih banyak kedamaian dan ketenangan daripada yang ditawarkan hostel, pertimbangkan untuk menginap di Airbnb. Airbnb menawarkan berbagai macam akomodasi hemat, termasuk: Wisma, apartemen,  dan rumah kecil.

Misalnya, saat memilih Airbnb, pertimbangkan apakah Airbnb memiliki dapur, tempat parkir, dan lokasi. Faktor-faktor ini membantu menurunkan biaya lebih jauh.

  1. Pertimbangkan lokasi

Lokasi merupakan faktor penting dalam memilih akomodasi. Biasanya akomodasi yang berada di pusat-pusat (pusat kota, pusat kuliner, pusat perbelanjaan, dll.) sering kali memiliki biaya di muka yang lebih tinggi, tetapi menghemat biaya transportasi.

Baca Juga :   Cara Untuk Mengatasi Kecemasan Perjalanan

Jadi jika Anda ingin menghemat biaya perjalanan, jangan hanya mencari akomodasi yang paling murah, tetapi hitunglah biaya transportasi untuk wilayah yang berbeda.

Menghemat Uang untuk Makanan dan Minuman

image from : unsplash.com
  1. Masak sendiri

Memasak di rumah adalah salah satu cara termudah untuk menghemat uang saat bepergian, terutama di negara-negara di mana makan di luar mahal.

Saat memilih akomodasi, pertimbangkan apakah akomodasi tersebut memiliki dapur dan fasilitas dasar seperti microwave dan ketel untuk sekedar memanaskan makanan.

  1. Cari makanan murah di Google

Pencarian Google cepat untuk ‘restoran murah’ di daerah Anda adalah cara mudah lain untuk menghemat uang untuk belanjaan. Pub sering menawarkan penawaran pada hari-hari tertentu dalam seminggu, dan restoran terkadang menawarkan makan siang spesial. Anda biasanya dapat menemukan makanan yang sangat enak dengan harga yang wajar ketika Anda tiba di kota baru.

  1. Makanan lokal

Makan di luar di mana penduduk setempat makan adalah cara yang bagus untuk menghemat uang sambil menikmati masakan lokal. Restoran turis biasanya lebih mahal dan seringkali tidak enak. Teliti restoran lokal terlebih dahulu, atau pilih tempat yang terlihat ramai tetapi berada di luar kawasan wisata.

  1. Manfaatkan happy hour

Membeli minuman di bar dan restoran dapat dengan cepat menghabiskan anggaran Anda. Pergi keluar untuk happy hour dapat menghemat banyak uang dan merupakan cara yang bagus untuk menemukan bar baru. Juga, minuman keras lebih murah di toko botol, jadi jangan lupa untuk membeli beberapa minuman sebelum keluar.

  1. Siapkan sarapan gratis

Jika tarif kamar Anda sudah termasuk sarapan, pastikan Anda tidak terlewatkan untuk mendapatkan sarapan lengkap Anda.

  1. Dapatkan Kartu Loyalitas

Dapatkan kartu loyalitas dari jaringan restoran favorit Anda jika Anda berencana untuk tinggal di suatu negara untuk waktu yang lama. Kartu ini sering menawarkan makanan atau barang gratis setelah sejumlah pembelian tertentu.

Menghamat Uang untuk Transportasi

image from : unsplash.com
  1. Gunakan aplikasi berbagi tumpangan

Aplikasi seperti Uber dan Grab seringkali lebih murah daripada taksi. Banyak juga yang memiliki diskon pendaftaran, jadi pertimbangkan untuk mendaftar ke beberapa diskon yang berbeda untuk melihat penawaran apa yang tersedia. Sebelum Anda tiba di tempat tujuan, lakukan pencarian cepat di Google untuk menemukan aplikasi paling populer yang tersedia untuk negara yang Anda kunjungi.

  1. hindari terbang sebanyak mungkin

Pesawat tentu saja merupakan cara tercepat untuk bepergian, tetapi juga yang paling mahal. Bepergian dengan kereta api atau bus membutuhkan waktu lebih lama, tetapi menghemat banyak uang. Anda juga dapat melakukan perjalanan secara lebih berkelanjutan dengan menggunakan bus atau kereta api daripada menggunakan pesawat.

  1. Bepergian di Luar Musim Ramai

Bepergian di luar musim liburan dapat menghemat banyak uang untuk tiket pesawat dan akomodasi. Musim Ramai (Peak season) seringkali terjadi di bulan dengan cuaca terbaik dan hari libur populer.

Namun, musim bahu (shoulder season) sering kali menjadi waktu terbaik untuk bepergian, karena harga lebih murah, dan biasanya juga tidak terlalu ramai.

  1. Bersikap Fleksibel dengan Tanggal Penerbangan

Lihat penerbangan beberapa hari sebelum dan sesudah tanggal perjalanan ideal Anda. Anda akan terkejut betapa harga tiket pesawat bisa berubah hanya dalam beberapa hari.

Jika Anda sering bepergian, pertimbangkan untuk tetap menggunakan maskapai yang sama dan mendaftar untuk program loyalitas mereka. Dengan cara ini Anda dapat mengumpulkan poin yang dapat digunakan untuk penerbangan dan peningkatan.

  1. Bepergian dengan Perlahan
Baca Juga :   Bepergian Ke Rusia Untuk Pertama Kali - Apa Yang Perlu Anda Ketahui?

Pertimbangkan untuk bergerak perlahan daripada terburu-buru. Ini akan menghemat uang untuk transportasi dan memberi Anda cara baru untuk menikmati dan menghargai tempat-tempat yang Anda kunjungi. Perjalanan yang lambat juga memiliki manfaat tambahan karena jauh lebih baik bagi lingkungan, jadi ini adalah win-win.

  1. Gunakan Mode Penyamaran Saat Memesan Penerbangan

Maskapai dapa melacak seberapa sering Anda melihat penerbangan dan sering menaikkan harga tiket saat Anda melihatnya secara teratur. Menjelajah dalam mode penyamaran atau pribadi memastikan bahwa harga penerbangan Anda tidak naik karena alasan ini.

Masalah Uang

  1. Pertimbangkan biaya ATM

Pilih kartu bank tanpa atau setidaknya biaya yang sangat rendah untuk penarikan ATM di luar negeri. Biaya ATM dapat bertambah dengan cepat, terutama pada perjalanan jauh. Sebaiknya pertimbangkan ini beberapa bulan sebelum perjalanan Anda untuk memberi diri Anda waktu untuk mengajukan kartu baru.

  1. Ambil Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan memiliki biaya awal, tetapi dapat menghemat ribuan dolar jika terjadi kesalahan. Harap tinjau polis asuransi Anda dengan cermat sebelum membeli untuk memastikan semua yang Anda butuhkan tercakup.

  1. Gunakan Poin Kartu Kredit

Nilai poin ini sangat bervariasi tergantung pada negara tempat Anda tinggal, tetapi menggunakan poin kartu kredit dapat menghemat uang untuk penerbangan dan hotel. Periksa kartu kredit mana yang dapat memperoleh poin di negara Anda. Dan tentu saja, baca cetakan kecil sebelum mendaftar untuk apa pun!

  1. Tawar-menawar sesuai budaya

Cobalah untuk tawar-menawar di pasar atau di tuk-tuk. Penghematan mungkin kecil, tetapi bertambah seiring waktu. Lakukan riset untuk melihat apakah tawar-menawar sesuai dengan lokasi yang Anda kunjungi.

 

Gabriel – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *