Per4an™

Media Online Informasi Perjalanan | https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pesta Paling Terkenal Di Meksiko

4 min read

image from : unsplash.com

Perayaan paling unik di Meksiko disebut Día de Muertos, atau Hari Orang Mati, dan ini merupakan salah satu acara yang paling dinantikan dalam kalender negara. Tapi jangan biarkan nama membodohi Anda, ini bukan kesempatan yang menyedihkan! Faktanya, ini adalah salah satu pesta paling semarak dan menarik di dunia. Ini adalah liburan sentimental dengan kisah yang menarik, siapa pun yang pernah menonton film ‘Coco’ akan tahu bahwa film ini dapat meluluhkan hati yang paling keras!

Día de Muertos adalah tampilan dinamis dari budaya Meksiko dan pentingnya keluarga di dalamnya. Ini adalah penghormatan kepada leluhur dan anggota keluarga yang hilang, diiringi oleh musik tradisional dan didekorasi dengan setiap warna pelangi. Tidak seperti di belahan dunia lain di mana subjek kematian dihindari, di Meksiko itu dianggap sebagai langkah alami dalam hidup dan dirayakan dengan gaya!

Baca terus untuk mengetahui kapan, di mana, dan bagaimana Día de Muertos dirayakan di Meksiko.

Kapan Día de Muertos dirayakan?

Perayaan penuh berlangsung antara tanggal 1 dan 2 November setiap tahun, meskipun perayaan dimulai beberapa hari sebelumnya. Secara resmi, liburan dimulai pada tengah malam tanggal 1 November dengan Día de Inocentes, atau Hari Orang-Orang Tak Bersalah, di mana kehidupan semua anak yang hilang dikenang selama 24 jam. Roh mereka dikatakan bersatu kembali dengan orang tua mereka.

Baca Juga :   Wisata Jepang: 4 Cara Membuat Perjalanan Anda Menyenangkan

Pada tengah malam tanggal 2 November, perayaan bergeser untuk mengenang arwah semua orang yang telah meninggal. Sepanjang 24 jam berikutnya, grand final Día de Muertos yang spektakuler berlangsung.

Bagaimana Día de Muertos dirayakan?

Menurut tradisi, pada malam hari arwah orang yang meninggal kembali mengunjungi rumah mereka. Kerabat menempatkan altar atau ofrenda di dalam, sering dihiasi dengan salib dan gambar Perawan Maria, ditambah foto almarhum mereka dan banyak persembahan termasuk bunga, makanan, lilin, dan mainan untuk anak-anak. Merupakan kebiasaan juga untuk mengunjungi kuburan dan membuat ofrendas di kuburan orang yang dicintai.

Ofrendas ini terdiri dari beberapa tingkatan yang selain terlihat indah mempesona, juga diisi dengan benda-benda yang berhubungan dengan empat elemen:

  • Dupa dibakar untuk melambangkan udara, juga untuk membantu jiwa menemukan jalan mereka ke altar
  • Lilin melambangkan api, menyala terang sebagai penghormatan kepada orang yang terhilang
  • Bunga dan makanan mewakili bumi dan dimaksudkan untuk memuaskan rasa lapar almarhum
  • Bidikan tequila melambangkan air dan merupakan simbol perayaan, bersulang atas kehidupan yang dijalani

Selama hari-hari menjelang Día de Muertos, jalan-jalan dan rumah-rumah di seluruh negeri dipenuhi dengan bunga cempasúchil oranye cerah (marigold Meksiko). Kelopaknya yang menarik perhatian dan aromanya yang kuat konon dapat memandu roh menuju ofrendas mereka.

Baca Juga :   Koper atau ransel – opsi bagasi mana yang terbaik untuk perjalanan?

Selama perayaan, orang-orang melukis wajah mereka agar terlihat seperti tengkorak berwarna-warni, sebuah gambar yang diasosiasikan oleh seluruh dunia dengan Día de Muertos. Tengkorak itu juga digambarkan dalam dekorasi, topeng, dan bahkan makanan, seperti tengkorak gula dan cokelat yang diberikan sebagai hadiah kepada yang hidup dan yang mati!

Ingatlah selalu bahwa Día de Muertos seharusnya tidak menjadi peristiwa yang menyedihkan, ini adalah hari untuk mengenang orang-orang terkasih dan untuk merayakan keindahan hidup.

Di mana Día de Muertos dirayakan?

Meskipun Día de Muertos dirayakan di seluruh negeri, ada beberapa daerah di Meksiko yang merayakannya habis-habisan. Tempat terbaik untuk menikmati Hari Orang Mati adalah:

  • Patzcuaro, Michoacán

Negara bagian Michoacán mungkin menawarkan perayaan terbaik dari semuanya, terutama di kota Pátzcuaro. Ini dihadiri oleh penduduk asli di kawasan itu, yang berkumpul di sekitar danau epik Pátzcuaro sebelum membakar lilin dan turun ke air dengan kano. Ada sebuah pulau kecil di danau yang menampung kuburan penduduk asli, tempat perayaan yang berlangsung hingga pagi hari. Seperti di negara lain, orang mengunjungi makam kerabat mereka dan menghiasinya dengan bunga, minuman, lilin, dan makanan, bermalam menunggu kedatangan jiwa mereka.

  • Mixquic, Kota Meksiko

Mixquic, pinggiran kota kecil di tenggara kota besar, menjadi tuan rumah salah satu parade paling mengesankan di seluruh negeri. Jalanan dibanjiri tengkorak, bunga, dan orang-orang berbaris menuju pemakaman setempat saat lonceng gereja berdentang. Ini adalah pertunjukan yang harus disaksikan setiap orang (setidaknya) sekali seumur hidup!

  • Oaxaca, Oaxaca

Salah satu kota favorit sepanjang tahun untuk menikmati Día de Muertos sepenuhnya adalah Oaxaca. Pada tanggal 1 dan 2 November jalan-jalan dan kuburan kota kolonial yang penuh warna ini menjadi hidup dengan bunga cempasúchil yang berwarna-warni, lilin dan musik. Untuk merasakan suasana kemeriahan di hari-hari menjelang, tidak ada tempat yang lebih baik selain pasar kota yang ramai. Pergilah ke Central de Abastas untuk melihat penduduk setempat bergegas membeli semua yang mereka butuhkan untuk membuat yang terbaik darirenda!

  • Merida, Yukatan

Di kota kolonial ini, tradisi hari kematian berawal dari festival suku Maya, Hanal Pixán. Semuanya dimulai di kuburan, di mana saat senja berlangsung “Passage of Souls”, di mana ribuan orang berpakaian seperti kerangka dengan lukisan tengkorak berwarna-warni yang rumit di wajah mereka memulai pawai hidup mereka menuju pusat kota. Di sepanjang jalan terdapat ratusan stand dan ofrendas yang berjejer di jalanan.

Baca Juga :   Cara Menghindari Masalah Malpraktek Saat Dalam Perjalanan

 

GabrielGiovany – UKDW 2018


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *