Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Budaya Luar Biasa yang dapat Ditemukan Ketika Traveling di Bali

4 min read

image from : unsplash.com

Terlepas dari bujukan perjalanan Anda, entah Anda sedang mencari foto IG yang sempurna, masakan yang melepas ikat pinggang, atau kesempatan untuk memompa adrenalin, Bali menawarkan dirinya sebagai surga yang ramai untuk pengalaman yang tak terlupakan.

Di luar keindahan estetika pulau yang jelas, beberapa keajaiban Bali yang paling luar biasa adalah keajaiban budayanya. Itu sebabnya artikel ini memberikan daftar budaya Bali untuk kalian, menampilkan beberapa hal budaya yang luar biasa untuk dilakukan di Bali. Enjoy!

1. Berkunjung ke Puri Ubud

Salah satu hal terbaik untuk dilakukan di Bali pasti menuju ke Ubud, dan Puri Ubud adalah salah satu tempat wisata budaya yang wajib dikunjungi di pusat spiritual Bali.

Sebagai rumah resmi keluarga kerajaan Ubud, berkunjung ke sini adalah kesempatan untuk merasakan diri Anda sendiri seperti bangsawan dan mungkin bertemu dengan beberapa anggota keluarga juga jika Anda beruntung.

Meskipun ada beberapa bagian istana yang terlarang bagi pengunjung, para penjelajah yang bersemangat masih dapat mampir dan menjelajahi halaman, taman, dan gerbang berhias istana yang indah. Anda dapat menikmati waktu minum teh kecil, berdandan dalam pakaian tradisional, menikmati pertunjukan tari yang menggemaskan, dan melihat demo persembahan tradisional ‘cara membuatnya’ secara langsung.

Baca Juga :   Apakah Bangkok Aman? Peringatan dan Bahaya yang Perlu Diketahui Wisatawan

2. Kagumi Tari Api Kecak di Pura Uluwatu

Pura Uluwatu terkenal dengan banyak hal, monyet-monyet nakal, pemandangan yang tidak ada duanya dan tentu saja, dentingan ritme tarian Kecak, yang saya jamin akan melekat di kepala Anda selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan setelahnya.

Setiap hari saat matahari terbenam, ratusan orang berkumpul di Pura Uluwatu untuk menyaksikan pertunjukan tari kecak api yang terkenal di dunia, yang memadukan tarian, acapella, api, dan beberapa bakat teater untuk pertunjukan unik budaya Bali yang benar-benar tak terlupakan.

Pertunjukan itu sendiri menampilkan sorotan dari epik Hindu, Ramayana, yang memiliki banyak liku-liku dan drama. Menikmati salah satu pertunjukan ini adalah pengalaman klasik di Bali yang sangat direkomendasikan untuk ditambahkan ke daftar Anda!

CATATAN: Tiket, jadi pastikan untuk tiba di sana lebih awal, atau pertimbangkan untuk memesan tur agar tidak repot mendapatkan tiket/tempat untuk Anda sendiri.

3. Pergi lompat ke kuil

Dengan nama panggilan seperti “Pulau Dewata”, tidak diragukan lagi bahwa salah satu hal terbaik yang harus dilakukan di Bali adalah mengunjungi pura. Seperti India, Bali memiliki banyak pura, ada ribuan pilihan, menjadikan pura sebagai salah satu hal budaya terbaik yang dapat dilakukan di Bali.

Berikut adalah beberapa objek wisata pura yang populer untuk dimasukkan dalam list Anda:

  • Mandi di air suci di Pura Tirta Empul, Salah satu pura air terpenting di Bali, dengan mata air suci berisi air suci yang konon memiliki sifat magis dan memurnikan. Cara terbaik untuk mengujinya tentu saja adalah dengan mencobanya sendiri!
  • Jelajahi ‘Mother Temple of Bali’, Pura Besakih Sebuah kompleks candi besar ditemukan 900m di atas tanah di Gunung Agung di Bali Timur. Dianggap sebagai salah satu tempat tersuci di Bali.
  • Nikmati Pura Taman Ayun yang indah, kompleks pura yang megah di Mengwi ini terkenal akan keindahannya yang spektakuler mulai dari pagoda yang menjulang tinggi dan halaman yang tenang hingga kolam teratai yang indah.
  • Pura Ulun Danu yang indah (namun kecil), Terletak di atas Danau Beratan, danau terbesar kedua di Bali, pura sederhana ini seperti mimpi kecil yang indah. Ini mungkin tidak semegah candi lainnya di Bali, tapi itu pasti salah satu pulau yang paling indah.

4. Saksikan pertunjukan Gamelan Bali

Tidak ada suara yang lebih identik dengan Indonesia selain Gamelan, dan cukup tepat, Gamelan juga merupakan bagian yang penting dan penting dari budaya Bali.

Baca Juga :   Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Eropa?

Gamelan adalah salah satu jenis musik tradisional yang seringkali kental dengan perkusi, mengandalkan ansambel dari berbagai instrumen (mulai dari gambang hingga seruling bambu) untuk menghasilkan lapisan kebaikan ritmis yang indah. Bahkan, Gamelan pernah dinobatkan sebagai musik paling rumit di dunia.

Jadi, jika Anda sedang berada di Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan “orkestra” Gamelan beraksi! Ini adalah salah satu hal menyenangkan terbaik yang dapat dilakukan di Bali.

5. Berlumpur dan terlibat dalam beberapa Mepantigan

Mepantigan adalah bentuk seni bela diri Bali yang memadukan pertarungan dengan seni pertunjukan, semuanya mengandalkan sawah dan pantai tempat berlumpur.

Fenomena ini dengan cepat mendapatkan popularitas di kalangan pengunjung ke Bali karena satu alasan sederhana: itu gulat lumpur dengan sentuhan budaya, dimana Anda memiliki alasan yang bagus untuk menyeret seseorang ke dalam lumpur.

Anggap saja sebagai tontonan meriah yang melibatkan banyak lemparan dan berguling-guling di lumpur, semuanya mengenakan pakaian tradisional Bali. Poin bonus: soundtrack perkelahian Anda sering kali merupakan suara ritmis orkestra gamelan.

 

GabrielGiovany – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *