Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

3 Langkah yang Harus Dilakukan Saat Pihak Bandara Merusak Bagasi Anda

3 min read

image from : unsplash.com

Penumpang yang sering bepergian mungkin mengalami masalah perjalanan setidaknya sekali saat bepergian dengan bagasi terdaftar. Bagasi Anda biasanya tiba di bandara pada waktu yang berbeda dari Anda. Meskipun Anda harus berpisah sebentar dari bagasi Anda, rasa ketidaknyamanan pasti ada, namun itu belum seberapa dibandingkan ketika bagasi Anda rusak.

Meskipun ada banyak cara untuk mempersiapkan penerbangan yang baik, maskapai bertanggung jawab untuk melindungi bagasi terdaftar Anda. Sayangnya, sering kali terjadi kejadian dan beberapa terjadi di luar kendali Anda. Namun, bukan berarti Anda tak berdaya jika maskapai merusak barang bawaan Anda.

Berikut adalah tiga langkah untuk mengembalikan kerugian Anda.

  1. Segera beri tahu maskapai

Ketika Anda menerima bagasi Anda, periksalah dengan seksama apakah ada tanda-tanda kerusakan sebelum meninggalkan pengambilan bagasi. Sebagian besar maskapai penerbangan memerlukan pemberitahuan pribadi, jadi paling mudah untuk memberi tahu maskapai segera ketika Anda masih berada di bandara.

Baca Juga :   Cara Menangani Cedera Saat Bepergian dengan Cara yang Benar

Jika Anda melihat kerusakan yang tidak biasa, coba tindakan berikut:

  • Ambil foto kerusakan apa pun pada paket atau barang yang dikemas
  • Ambil foto tag barcode bagasi Anda
  • Buat inventaris barang yang rusak
  • Cobalah untuk menentukan penyebab kerusakan

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah apakah kerusakan itu disebabkan oleh maskapai atau staf keamanan bandara. Jika staf keamanan bandara merusak bagasi Anda selama pemeriksaan, Anda harus mengajukan klaim kepada staf keamanan bandara.

Selanjutnya setelah menyelesaikan langkah pertama ini , Anda akan melakukan wawancara pertama Anda dengan maskapai penerbangan. Anda dapat secara fisik melihat semua area yang rusak dan jumlah item yang rusak.

Ini sangat penting, karena jika kerusakan tambahan (seperti di dalam tas) ditemukan setelah laporan awal, kemungkinan besar maskapai tidak akan mengizinkan Anda untuk mengajukan klaim kedua. Perwakilan maskapai penerbangan dapat menambahkan catatan ke klaim Anda untuk pertimbangan lebih lanjut, tetapi ini berbeda-beda menurut maskapai.

  1. Simpan barang yang rusak
Baca Juga :   7 hal Penting yang Selalu Dilupakan Saat Bepergian untuk bepergian

Simpan semua barang, label bagasi, dan dokumen yang rusak hingga maskapai menyelesaikan klaim yanng Anda buat. Maskapai penerbangan mungkin mengharuskan barang yang rusak dikirim ke pusat inspeksi dan maskapai penerbangan yang akan menanggung semua biaya terkait.

Saat mengirimkan daftar produk, maskapai dapat memilih untuk memperbaiki atau mengganti produk yang rusak. Jika item Anda cukup baru, mungkin untuk mendapatkan pengganti yang tepat. Maskapai menangani setiap insiden secara individual, sehingga total waktu pemrosesan dapat bervariasi dari satu klaim ke klaim lainnya. Agen layanan bagasi dan dokumen penagihan akan berisi instruksi khusus dan informasi kontak maskapai.

  1. Gunakan asuransi bagasi dari kartu kredit

Jika maskapai tidak menanggung semua kerusakan, opsi cadangan terbaik Anda adalah menggunakan layanan asuransi perjalanan. Kartu kredit perjalanan pilihan Anda mungkin termasuk manfaat asuransi bagasi terdaftar. Anda dapat membebankan jumlah penuh pembelian tiket Anda dengan kartu kredit. Manfaat asuransi bagasi kartu kredit adalah yang kedua setelah cakupan asuransi penerbangan. Namun, manfaat tambahan ini tetap dapat mengganti pengeluaran tak terduga Anda seperti pakaian dan perlengkapan mandi.

Baca Juga :   Bagaimana menikmati Solo Travelling?

Beberapa polis juga dapat menanggung kehilangan perhiasan, perangkat elektronik, dan bahkan bagasi yang hilang atau tertunda. Manfaat ini juga berlaku untuk anggota keluarga dekat yang menemani Anda. Perusahaan kartu kredit mungkin meminta Anda untuk melaporkan bagasi yang rusak dalam waktu 20 hari setelah kecelakaan. Dokumen tambahan harus diserahkan untuk menyelesaikan proses klaim.

Informasi ini mungkin termasuk:

  • Pernyataan kartu kredit sebagai bukti pembelian asuransi
  • Jadwal Penerbangan
  • Informasi nomor penagihan
  • Salinan pengembalian uang atau penolakan yang diterima dari maskapai
  • Salinan semua klaim asuransi pribadi
  • Tanda terima untuk pembelian material yang memenuhi syarat

Setiap kartu kredit memiliki kebijakan yang berbeda untuk paket hilang dan rusak. Sebelum Anda menelepon, bacalah panduan manfaat kartu kredit Anda untuk memahami apa yang dapat Anda kenakan.

 

Gabriel – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *