Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

6 Tips Keselamatan Penting yang Harus Anda Ikuti Sebelum dan Selama Setiap Pendakian

3 min read

image from : unsplash.com

Salah satu aktivitas fisik yang paling mudah ditemui yang dapat dilakukan siapa saja adalah mendaki. Entah Anda seorang senior atau jika Anda ingin menjalin ikatan dengan anak-anak Anda, Anda selalu dapat mendaki sebagai aktivitas.

Tentu saja, hiking juga memiliki bahaya tersendiri. Meski merupakan aktivitas yang bisa dilakukan siapa saja, bukan berarti Anda boleh asal-asalan saat melakukannya. Seperti halnya aktivitas fisik apa pun, yang terbaik adalah berhati-hati dan menerapkan praktik keselamatan saat Anda melakukannya. Ada banyak jalur pendakian yang bekerja dengan baik untuk setiap kebutuhan individu. Lagi pula, saat Anda ingin menikmati hiking untuk waktu yang lama lakukan riset terlebih dahulu dan temukan yang cocok dengan Anda.

Karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda menerapkan enam tip keselamatan penting ini sebelum dan selama setiap pendakian yang Anda lakukan.

1. Bawa minimal satu pendamping

image from : unsplash.com

Meskipun banyak pendaki dapat mendaki sendiri, masih lebih baik jika Anda ditemani. Pendamping saat mendaki tidak hanya untuk meredakan rasa kesepian, tapi juga akan sangat membantu saat Anda membutuhkan seseorang yang bisa membantu Anda mendirikan kemah misalnya. Selain itu, jika Anda terluka, Anda tahu bahwa Anda memiliki seseorang yang dapat memberikan pertolongan pertama.

Baca Juga :   8 Alasan Mengapa Perjalanan Hemat Adalah Cara Terbaik Untuk Melakukan Perjalanan

Memiliki pendamping juga disarankan jika Anda baru mendaki. Ketika seseorang itu pro, dia dapat membimbing Anda, dan Anda dapat mempelajari hal-hal dari mereka yang akan membantu mengembangkan keterampilan hiking Anda.

Tentu saja, memiliki seseorang untuk terikat selama perjalanan Anda juga merupakan keuntungan yang cukup besar untuk memiliki pendamping dalam pendakian Anda.

2. Buat daftar perlengkapan

Bukan perasaan terbaik untuk berada di tengah-tengah pendakian, dan kemudian Anda akhirnya membutuhkan perlengkapan khusus hanya untuk mengetahui bahwa Anda lupa mengemasnya. Bahkan jika Anda ingat di mana Anda meninggalkannya, itu tidak akan mengubah fakta bahwa Anda tidak membawanya. Oleh karena itu ketika Anda mempersiapkan pendakian, Anda harus membuat daftar perlengkapan yang harus Anda bawa.

Selain barang-barang penting seperti makanan, air, dan peralatan berkemah, ada juga perlengkapan yang akan membuat pendakian Anda jauh lebih mudah.

3. Bawa peta

Bahkan jika Anda merasa tahu jalur pendakian, membawa peta masih lebih baik dan aman daripada menyesal. Ke mana pun dan kapan pun Anda melakukan pendakian, pastikan Anda membawa beberapa alat navigasi, seperti peta dan kompas. Dengan bantuan alat ini, Anda selalu dapat mengarahkan diri sendiri di mana pun Anda berada.

Baca Juga :   Hal terbaik untuk dilakukan di Swiss jika Anda adalah pengunjung pertama kali

Meskipun Anda memiliki GPS atau sistem navigasi di ponsel, Anda juga harus memiliki peta fisik. Terkadang gadget ini mungkin kehilangan baterai atau tidak memiliki sinyal. Jika hal ini terjadi, akan sangat berguna untuk membawa peta dan kompas.

4. Mendaki di siang hari

Jika Anda melakukan perjalanan hiking yang panjang, maka pendakian Anda akan memakan waktu berhari-hari sebelum Anda mencapai tujuan. Dengan pendakian seperti ini, sebaiknya Anda tidak mencoba terlalu memaksakan diri, atau Anda mungkin akan tersesat.

Anda disarankan untuk merencanakan pendakian Anda, terutama jika itu adalah sesuatu yang akan memakan waktu berhari-hari untuk Anda selesaikan. Itu karena pendakian panjang semacam ini mengharuskan Anda berpindah dari satu perkemahan ke perkemahan lainnya.

Mendaki di antara tempat perkemahan pada malam hari atau bahkan di pagi hari akan menjadi sulit hanya karena jarak pandang yang buruk. Selain itu, banyak makhluk di alam liar yang lebih aktif di malam hari. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda dapat mendirikan kemah sebelum matahari terbenam.

Baca Juga :   Tempat Terbaik untuk Bepergian saat Natal

5. Periksa prakiraan cuaca

image from : unsplash.com

Saat Anda merencanakan perjalanan hiking, salah jika tidak memeriksa situasi cuaca jalur hiking Anda. Apa yang Anda kemas untuk pendakian Anda akan sangat bergantung pada iklim dan cuaca jalur pendakian Anda. Anda tentu saja tidak ingin terjebak di tengah hutan belantara dengan basah kuyup karena lupa memeriksa cuaca.

6. Beri tahu seseorang sebelum Anda pergi

Bahkan jika Anda berencana untuk mendaki sendiri, sebaiknya Anda memberi tahu setidaknya satu orang tentang tujuan yang Anda rencanakan. Anda seharusnya tidak hanya memberi tahu mereka di mana jalur pendakian yang dilalui, tetapi Anda juga harus memberi tahu mereka tujuan terakhir pendakian Anda. Jika sesuatu terjadi pada Anda, itu akan menenangkan pikiran Anda mengetahui bahwa seseorang akan mencari Anda.

 

GabrielGiovany – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *