Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Paspor Hilang atau Dicuri? Inilah yang Harus Dilakukan

3 min read

image from : unsplash.com

Anda akan melakukan perjalanan ke luar negeri? Paspor Anda adalah dokumen terpenting dalam daftar pengepakan Anda. Perjalanan yang damai dapat berubah menjadi bencana jika paspor Anda hilang atau dicuri.

Baca terus untuk mendapatkan ide tentang cara melindungi paspor Anda dan tips tentang apa yang harus dilakukan jika hilang atau dicuri saat bepergian ke luar negeri.

Persiapan Perjalanan

Sebelum Anda meninggalkan rumah, harap buat minimal dua salinan halaman identifikasi paspor Anda. Simpan satu di rumah teman atau kerabat, yang lain bawa bersama Anda tapi pisahkan dari paspor Anda, di samping itu juga disarankan untuk memindai paspor Anda dan mengirimkan salinannya ke akun email Anda untuk akses dari mana saja di dunia.

Bawa setidaknya satu foto paspor dengan ukuran foto 2×2 yang diambil dalam enam bulan terakhir, menampilkan tampilan depan wajah Anda dengan latar belakang putih. Sementara itu pastikan juga Anda memiliki salinan ID foto Anda yang lain. Jika paspor Anda hilang atau dicuri, ini akan mempercepat proses penerbitan ulang. Apalagi jika Anda berencana untuk tinggal di luar negeri selama lebih dari dua minggu, disarankan Anda mendaftar ke Kedutaan Besar Indonesia di negara yang Anda kunjungi.

Baca Juga :   6 Keterampilan Penting yang Harus Dimiliki Setiap Wisatawan

Lindungi Paspor Anda

image from : unsplash.com

Untuk menghindari menjadi sasaran kejahatan, cobalah untuk tidak terlalu menonjol dengan menggunakan case paspor. Tidak hanya paspor Anda, tetapi ID lain seperti kartu kredit, dan uang yang berisiko dicuri. Keluarkan hanya jika Anda membutuhkannya. Jika tidak, simpan di brankas hotel atau simpan.

Jangan tinggalkan paspor Anda di dalam koper, dompet, atau saku terbuka. Juga, jangan meminjamkan paspor Anda kepada orang lain, menggunakannya sebagai jaminan, atau mempercayakannya kepada orang lain.

Cara Mengganti Paspor yang Hilang atau Dicuri

  1. Melaporkan kehilangan atau pencurian
Baca Juga :   Bagaimana Anda bisa menghasilkan uang tambahan saat bepergian?

Melaporkan paspor yang hilang sangat penting karena Anda tidak hanya dapat mencegah pencurian identitas, tetapi melaporkan kehilangan atau dicuri juga mencegah seseorang menggunakan paspor Anda untuk melakukan kejahatan. Penting juga untuk melaporkan hal ini karena kehilangan harus didokumentasikan saat meminta penggantian.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk proses ini, Anda dapat menghubungi Kantor Layanan Warga Negara Asing Departemen Luar Negeri untuk mendapatkan bantuan.

  1. Permohonan Penerbitan Ulang

Ketika paspor Anda hilang di luar negeri, paspor tersebut harus diterbitkan kembali sesegera mungkin agar Anda dapat kembali ke negara asal. Jika Anda di rumah tetapi berencana untuk bepergian, Anda harus menggantinya sebelum perjalanan Anda. Dalam kedua skenario, Anda harus datang sendiri, mungkin pergi ke kantor paspor atau kedutaan/konsulat jika Anda berada di luar negeri. Jika kantor Anda tidak dekat, mungkin perlu waktu lebih lama.

  1. Tunggu sampai penggantinya tiba
Baca Juga :   Berencana untuk Melakukan Perjalanan Berselancar? Inilah Cara Mempersiapkannya

Sayangnya, Anda tidak bisa bepergian ke luar negeri tanpa paspor. Meskipun ada beberapa pengecualian untuk penggunaan kartu paspor (ini hanya berlaku untuk perjalanan darat dan laut antara Kanada atau Meksiko dan Amerika Serikat). Jika Anda pernah kehilangan paspor Anda di masa lalu, Departemen Luar Negeri dapat mengeluarkan Anda Paspor Terbatas yang berlaku untuk waktu yang singkat sampai Anda kembali ke negara asal Anda dan mengambil langkah-langkah untuk mendapatkan paspor biasa lagi.

Jika Anda kehilangan paspor, pastikan terlebih dahulu bahwa paspor tersebut benar-benar hilang, kemudian laporkan sebagai hilang atau dicuri. Kunjungi situs web Departemen Luar Negeri untuk menemukan tempat terdekat untuk mendapatkan paspor pengganti dan mengatur untuk tetap berada di sana jika Anda berada di luar negeri sampai paspor baru diterbitkan.

 

GabrielGiovany – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *