Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Kota paling ramah bersepeda di Asia

3 min read

image from : unsplash.com

Berikut kota-kota Asia terbaik untuk kekuatan pedal kuno yang bagus.

Singapura

Singapura bisa dibilang sebagai tujuan paling ramah sepeda di Asia. Di sinilah jalur sepeda menghubungkan setiap sudut kota. Tidak yakin? Di luar acara F1, bahkan dimungkinkan untuk bersepeda melalui jalur pit sirkuit. Beberapa rute favorit termasuk jalur Penghubung Taman, jalur sepeda yang rumit sepanjang 300 km, dan Koridor Rel dimana jalur sepeda sepanjang 24 km dibangun di atas lokasi rel kereta api tua.

Skema berbagi sepeda yang paling populer adalah Anywheel dan SG Bike. Pengendara sepeda yang gugup dapat bersantai. Jalur sepeda mulus dan terawat, dan pengendara sepeda banyak dialihkan oleh kendaraan lain. Ini termasuk bus yang pengemudinya dengan sopan menghindari pengendara sepeda dua kali ketika mereka mendekat. Batas kecepatan untuk pengendara sepeda yang menggunakan jalur sepeda Singapura umumnya ditetapkan pada 10 km/jam. Tak heran jika petugas polisi dengan spidometer selalu bertugas menjaga jarak pengendara.

Bangkok, Thailand

Bangkok masih memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan untuk memperluas sebaran jalur sepedanya, tetapi ini adalah kota yang bagus untuk bersepeda dan terus berkembang. Taman Lumpini dan Taman Benjakitti di pusat kota adalah tempat yang bagus untuk bersepeda, dan ada beberapa tur sepeda berpemandu yang dipimpin oleh pemandu wisata Thailand yang bersemangat, dan sangat baik. Jadwal perjalanan berkisar dari naik sepeda matahari terbit melalui Chinatown hingga perjalanan panjang ke perkebunan pisang di luar Bangkok.

Baca Juga :   10 Hal yang Harus Dilakukan di Hari Terakhir Perjalanan

Osaka, Jepang

Jepang adalah negara bersepeda yang sangat diremehkan. Pada tahun 2002, merek sepeda trendi Tokyo Bike lahir di sini. Sementara kampung di distrik Yanaka yang tenang di Tokyo adalah tempat yang bagus untuk dijelajahi dengan sepeda, Osaka adalah tempat untuk mengayuh pedal Jepang. Ini adalah satu-satunya kota yang memiliki Rapha Clubhouse, ruang yang dirancang sebagai tempat pertemuan bagi pengendara sepeda dengan toko bertema sepeda dan kafe. Dari pengendara sepeda hingga penggemar sepeda antik.

Para pengendara sepeda kota ini juga dikenal dengan pendekatan ‘do-it-yourself’ mereka, sering memodifikasi atau membangun sepeda mereka dari awal.

Xiamen, Cina

Pusat pertunjukan di sini adalah Jalur Sepeda Xiamen, jalur sepeda setinggi 7,6 km yang dirancang oleh arsitek Denmark Dissing + Weitling Architecture sering dianggap sebagai highline khusus untuk sepeda. Ini adalah rute sepeda layang terpanjang di dunia, menghubungkan lima area perumahan dan memiliki 11 titik masuk dan keluar, sehingga dapat dengan mudah dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Fasilitas lain di sepanjang rute termasuk bundaran sepeda, parkir sepeda, dan paviliun layanan sepeda. Pada saat kota-kota China terkenal dengan kemacetan lalu lintas yang merajalela, Departemen Perencanaan Kota Xiamen telah menugaskan kota tersebut untuk menjadi ramah sepeda.

Baca Juga :   Panduan Untuk Berpesta Di Ibiza Tanpa Menghabiskan Banyak Uang

Taipei, Taiwan

Berlatar belakang perbukitan berhutan, Taipei adalah rumah bagi jalur hiking pinggiran kota yang menakjubkan, rute sungai yang indah melalui pusat kota, dan banyak ketenangan yang sempurna untuk bersepeda santai Kota ini sempurna untuk dijelajahi dengan sepeda, termasuk Semakin banyak operator tur sepeda bermunculan, dan program bikeshare YouBike (dengan titik penjemputan di luar sebagian besar stasiun kereta bawah tanah) murah dan mudah digunakan. Sepeda dapat disewa dengan kartu Oyster versi Taipei, dengan Rute favorit adalah rute 14km dari Yuanshan ke Nangang. Ada banyak pemberhentian termasuk Taipei Fine Arts Museum dan Fengshen Street yang trendi yang mengarah ke jalur sepeda Sungai Keelung.

Kuala Lumpur, Malaysia

Status Kuala Lumpur sebagai salah satu kota paling ramah sepeda di Asia sebagian besar disebabkan oleh perbaikan Sungai Klang baru-baru ini. Dengan tambahan jalur sepeda tepi sungai dan area piknik, sekarang menjadi salah satu tempat bersepeda paling populer. Ya, masih ada ruang untuk perbaikan dalam hal perluasan jaringan jalur sepeda, tetapi organisasi independen seperti Proyek Peta Sepeda membantu menghasilkan berbagai macam peta sepeda dan mendistribusikannya melalui agen persewaan dan toko sepeda.

Baca Juga :   Tur Etis Melihat Satwa Liar Untuk Liburan Anda Berikutnya

Beijing, Cina

Beijing mungkin salah satu kota tersibuk di Asia, tetapi kini menjadi lebih ramah sepeda. Semakin banyak penduduk setempat, banyak yang mengayuh di Chang’an Avenue, yang dipagari dengan jalur sepeda. Di beberapa negara, skuter dapat menggunakan jalur sepeda, tetapi Beijing telah melarang jalur sepeda pada tahun 2021. Pohon-pohon cendekiawan yang rimbun ditanam di sepanjang rute memberikan keteduhan yang cukup bagi pengendara sepeda.

Di tempat lain, jalur sepeda telah diperluas pada rute seperti jalan lingkar kedua, hub ramah sepeda telah ditambahkan di persimpangan, dan puluhan rute telah diperluas atau akan diperluas dalam waktu dekat. Ini termasuk hubungan antara Huilongguan dan Shangdi, yang menjadi jalur sepeda khusus pertama di Beijing pada tahun 2019.

 

GabrielGiovany – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *