Per4an | Media Online Informasi Perjalanan

https://www.per4an.com | CCTV Online Lalu Lintas, Info Mudik, Tips & Trick Perjalanan, Radar Pesawat Terbang & Kapal Laut, Agen Bus

Cara Untuk Mengatasi Kecemasan Perjalanan

4 min read

image from : unsplash.com

Bagi orang-orang dengan kecemasan, salah satu aspek perjalanan yang paling menakutkan adalah persiapan. ‘Apa yang perlu saya kemas?’ dan ‘Bagaimana cara melewati bandara?’ Ini adalah pemikiran umum di antara banyak calon wisatawan yang benar-benar membuat stres!

Jadi, bagaimana perjalanan bisa membantu mengatasi masalah kecemasan saya? Pikirkan perjalanan sebagai sebuah cerita; itu akan menghadirkan konflik dan membutuhkan solusi.

Bepergian secara aktif melawan kecemasan dengan tiga cara utama:

  • Itu menempatkan Anda dalam situasi nyata, bukan imajiner.
  • Anda harus mendekati rintangan dengan rasionalitas.
  • Itu mengharuskan Anda untuk melangkahi zona nyaman Anda.

Secara keseluruhan, perjalanan mendorong Anda untuk mengelola stres dengan cara yang pragmatis; saat Anda mengatasi tantangan ini, Anda secara bertahap meningkatkan fungsi kognitif dan membangun pola pikir yang lebih positif. Bahkan ada hubungan ilmiah antara perjalanan dan kesehatan otak!

Pergi ke luar negeri untuk pertama kalinya? Pertimbangkan tur grup karena ini akan sangat meminimalkan stres. Pikirkan di mana, berapa lama, anggaran dan gaya perjalanan. Dan setelah Anda memilih perjalanan Anda, persiapan dimulai dengan 8 langkah yang harus diikuti :

1. Pesan penerbangan (dengan cara yang benar)

Pemesanan melalui agen perjalanan adalah solusi paling mudah karena mereka menawarkan saran, penawaran hebat, dan melakukan semua pekerjaan, namun jangan hanya memilih opsi termurah! Anda juga perlu mempertimbangkan waktu singgah, durasi penerbangan, peringkat maskapai penerbangan, bandara transit, fleksibilitas, dan jatah bagasi.

Baca Juga :   Bagaimana Merencanakan Liburan Thailand yang Sempurna?

2. Ketahui dokumen Anda

Penting bagi Anda untuk membawa dokumen yang benar saat bepergian ke luar negeri untuk menghindari masalah hukum. Pastikan Anda memiliki:

  • Paspor yang masih berlaku (masa berlakunya melebihi 6 bulan dari tanggal kedatangan Anda)
  • Dokumen asuransi perjalanan
  • Cetak jadwal penerbangan
  • Visa (jika diperlukan)

Ambil fotokopi dokumen Anda di atas ditambah alamat hotel Anda, jadwal perjalanan, transfer bandara, kartu kredit dan info penting lainnya; pastikan untuk meninggalkan salinannya kepada teman dan keluarga Anda juga! Anda juga dapat mendaftarkan rencana perjalanan Anda ke pemerintah jika terjadi keadaan darurat di luar negeri.

3. Teliti hukum dan kebiasaan negara

Sementara bepergian adalah tentang penemuan, penting bagi Anda untuk mempelajari kebiasaan tempat tujuan Anda. Ini termasuk persyaratan visa transit/masuk, aturan yang melarang kelompok tertentu (LGBTQ+, wanita, agama), penipuan turis, keragaman budaya, vaksinasi, dan pembatasan pengobatan. Jika Anda mengonsumsi obat resep untuk kegelisahan Anda seperti Benzodiazepin atau SSRI, dapatkan surat keterangan dokter dan jangan keluarkan dari kemasan aslinya. Dengan meneliti ini, Anda akan mengurangi risiko menyinggung penduduk setempat dan melanggar undang-undang setempat.

4. Pelajari bahasa setempat

Tidak bisa berbicara bahasa lokal sepertinya menakutkan, bagaimana jika Anda tidak bisa bertanya di mana toilet terdekat? Kabar baiknya adalah kota-kota wisata sebagian besar berbicara bahasa Inggris dengan baik dan akan dengan mudah memahami Anda, namun Anda tetap harus mencoba mempelajari beberapa frasa seperti ‘halo’, ‘selamat tinggal’, ‘tolong’ dan ‘terima kasih’.

5. Rencanakan kedatangan Anda

Untuk pertama kalinya, sebaiknya pesan transportasi bandara sebelum Anda berangkat ke penginapan,  Anda akan mencapai hotel tanpa stres dan aman. Jika tidak, cari rute dan biaya angkutan umum lokal yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah memesan Anda akan menerima dokumen perjalanan yang menunjukkan waktu dan lokasi pertemuan Anda!

Untuk menghindari tersesat, gunakan Google Maps untuk memahami area lokal, jarak antara tempat wisata, dan lokasi hotel Anda sebelum Anda pergi. Anda juga dapat mengunduh peta offline untuk digunakan saat bepergian!

6. Buat daftar periksa pengepakan

Ada banyak panduan online yang dapat membantu Anda berkemas secara efisien plus tip dan trik umum. Cara Anda mengemas tergantung pada tujuan Anda, musim, budaya, dan kebutuhan Anda sendiri. Di Asia Tenggara misalnya, pakaian longgar cocok dengan iklim musim panas yang terik dan memakai sandal akan lebih nyaman saat mengunjungi kuil. Coba tips pengepakan ini:

  • Gulung pakaian, jangan dilipat
  • Batasi perlengkapan mandi
  • Bawa kantong plastik untuk pakaian kotor
Baca Juga :   Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Destinasi Perjalanan Anda?

Di samping daftar pengepakan Anda, jangan lupa daftar periksa pra-perjalanan Anda! Periksa tiga kali dokumen Anda, dan beri tahu keluarga Anda ke mana tujuan Anda.

7. Kenali proses bandara

Menavigasi bandara mungkin merupakan pengalaman perjalanan yang paling menegangkan dari semuanya. Jika Anda belum pernah terbang, ini merupakan pekerjaan besar untuk memahami cara kerjanya sebelum tiba. Ada empat tahap utama:

  1. Lapor masuk
  2. Keamanan
  3. Bea Cukai
  4. Menemukan gerbang Anda

Meneliti waktu check-in untuk penerbangan internasional, apa itu boarding pass, cara kerja pemeriksaan keamanan, dan apa yang harus dilakukan jika penerbangan dibatalkan/terlewatkan akan menghemat waktu dan stres Anda.

Mengatasi kecemasan bukanlah hal yang mustahil dan ada banyak cara untuk mencapainya, salah satunya adalah travelling! Saat mempersiapkan petualangan ke luar negeri Anda, hindari stres dengan perencanaan yang matang, dan selalu ingat, Anda menunjukkan kegelisahan siapa bosnya dengan membuat keputusan berani untuk bepergian!

 

GabrielGiovany – UKDW 2018


About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *