Toraja: Antara Wisata dan Budaya

Toraja merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki keindahan alam yang eksotis. Tidak hanya masyarakat lokal yang mengakuinya, tapi turis dari mancanegara maupun yang internasional pun setuju dengan pendapat itu. Destinasi wisata Tana Toraja, tidak hanya terbentuk karena alam, tetapi beberapa lainnya adalah karena dari kebudayaan Tana Toraja sendiri. Berikut destinasi yang perlu kamu masukin dalam travel list-mu ya.

 

  1. Kete’ Kesu

Hasil gambar untuk kete kesu tanah toraja

Kete’ Kesu merupakan salah satu tempat wisata di Toraja tidak pernah sepi pengujung. Di sini kamu akan melihat rumah adat Toraja, atau yang sering disebut rumah Tongkonan secara berderet. Disekitar sini juga terdapat goa-goa kecil yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan mayat tanpa dikubur. Selain itu, terdapat beberapa outlet yang menjual kain-kain tenun khas Tana Toraja dan pernak-pernik yang bisa kamu beli, atau sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Lokasi: 

HTM: 15.000

 

2. Kuburan Londa

Hasil gambar untuk londa tanah toraja

Bagi kamu yang sedang berlibur ke Toraja, tidak sah rasanya kalau belum mendatangi Londa. Yup, Londa adalah komplek kuburan yang peti matinya diletakkan di atas tebing batu tinggi. Lokasinya yang tidak jauh dari Rantepao, membuat Londa tidak sepi oleh pengunjung, bahkan turis mancanegara pun sering ditemui disini.

Lokasi: Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara

HTM: 10.000

 

3. Kalimbuang Bori

Hasil gambar untuk kalimbuang bori tanah toraja

Destinasi yang satu ini akan ditemui banyak batu menhir (batu berdiri). Batu yang sengaja didirikan ini memiliki fungsi sebagai bukti menghormati para tetua adat atau pun keluarga bangsawan yang telah meninggal ratusan tahun silam. Pasalnya, batu menhir ini telah berumur ratusan tahun dan sangat tepat menjadi spot untuk anda mengambil foto.

Lokasi : Kalimbuang Bori Kec. Sesean, Kab. Toraja Utara

HTM: 10.000

 

4. Ollon

Hasil gambar untuk ollon toraja

Ollon merupakan sebutan untuk bukit hijau yang luas. Masyarakat sering menyebutnya sebagai bukit telletubbis. Tempat ini sering dijadikan sebagai spot foto oleh anak-anak muda. Lokasinya berada di Desa Bau, Bonggakadeng, bisa ditempuh selama 1 jam dari pusat kota Makale.

 

5. Buntu Burake

Hasil gambar untuk burake toraja

Nah, untuk objek wisata yang ini, pasti sudah tidak asing kan. Patung Tuhan Yesus ini letaknya di Buntu Burake. Untuk bisa sampai kepuncak, kamu harus melewati seribu anak tangga. Tapi jangan nyerah dulu, karena sampai di atas kamu akan menikmati pemandangan yang indah. Disini kamu juga banyak menemukan banyak turis asing. Wah bisa sekalian foto dengan bule tuh.

Lokasi: Buntu Burake, Makale, Kabupaten Tana Toraja

HTM: 10.000

Jam Operasional: 07.00 – 21.00


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *