Kamu Mahasiswa Jogja? Udah Tahu Apa Saja Festival Tahunan Jogja?

Jogja sebagai kota istimewa memang selalu punya hal hal unik untuk dikenang. Membuat setiap kaki yang pernah menyentuh kota ini untuk tidak mau pulang, apalagi kalau ada event tahunan yang selalu sayang untuk dilewatkan. Apakah kamu, kamu dan kamu yang menempuh pendidikan di kota pelajar ini tahu tentang festival-festival tahunan di Jogja? Buat kamu yang belum tahu, disimak ya biar gak ketinggalan pas event-nya nanti.

 

  1. Festival Sekatenan di Alun Alun Yogyakarta

Hasil gambar untuk sekaten jogja

Festival Sekaten merupakan agenda tahunan yang diadakan di alun-alun kota Yogyakarta. Festival ini dilaksanakan oleh  kesultanan keraton Yogyakarta dan Surakarta untuk memperingati ulang tahun Nabi Muhammad selama 40 hari. Namun sayangnya tahun 2019 ini, sekaten tidak diselenggarakan. Tapi sebagai gantinya, pihak keraton mengadakan Pameran Keraton

 

2. Festival Pasar Kangen Yogyakarta

Gambar terkait

Event tahunan selanjutnya adalah festival pasar kangen. Sesuai namanya, festival ini mengusung konsep ‘jadul’ dan ala-ala retro untuk buat kamu makin kangen sama masa lalumu hehe. Di pasar ini, berbagai jajaran kuliner tempo dulu yang udah langka untuk didapatkan bisa kamu temukan disini. Tidak hanya kuliner, disini kamu bisa menemukan barang-barang lawas, seperti kamera tetro, uang jadul dan masih banyak lagi. Pasar kangen biasanya diadakan di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) mulai jam 1 siang sampai 10 malam. kamu hanya perlu datang, gratis lho.

 

3. Festival Jogja Budaya Tionghoa

Gambar terkait

Dalam rangka menyemarakkan tahun baru China, Jogja punya event khusus yang gak boleh kamu lewatkan. Yups, biasa disebut sebagai Pekan Budaya Tionghoa. Festival ini selalu dilaksanakan di Kampung Ketandan, Malioboro. Sebagai mahasiswa yang suka berburu makanan, nah wajib banget buat kamu untuk kesini. Karena disini tidak hanya menghadirkan makanan lokal, tapi internasional pun ada. Dan yang gak kalah menarik adalah lomba karaoke Mandarin, lomba melukis kepala wayang potehi, lomba Chinese Paper Cutting, lomba Kaligrafi Tiongkok, lomba mendongeng dalam bahasa Mandarin yang masih melekat dengan budaya Tionghoa.

 

4. Festival Kesenian Yogyakarta (FKY)

Gambar terkait

Bagi kamu yang menyukai seni, ini bisa jadi agenda kamu untuk datang beramai-ramai menyaksikan kesenian Yogyakarta. Acara yang biasa dilaksanakan di pusat kota ini, melibatkan lebih 2.000 orang untuk pawai, dan terbagi menjadi 33 kontingen yang di lepas di dua titik yang berbeda. Festival ini diselenggarakan oleh pemerintahan kota Yogyakarta diantara bulan Juni-Agustus.

 

5. Festival Jogja Musik Jazz – Ngayogjazz

Hasil gambar untuk ngayogjazz

Festival yang digelar semenjak 2007 ini bertujuan untuk melestarikan budaya. Selain itu,  Ngayogjazz juga bertujuan untuk memberdayakan ekonomi lokal dengan melibatkan warga setempat dalam penyelenggaraan acara. Perhelatan musik yang bisa dinikmati secara gratis ini juga menyediakan beragam jenis kuliner dan suvenir di Pasar Jazz.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *