Tips Agar Perjalanan Mudikmu Lancar Jaya Abadi

Lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul bersama keluarga. Untuk kamu yang berada jauh dari kampung halaman, pastinya mudik menjadi sebuah keharusan, setelah setahun lamanya mengumpulkan pundi-pundi. Kini saatnya kamu pulang untuk bersilaturahmi. Nah ini dia tips bagi kamu yang merencanakan mudik agar perjalananmu lancar.

1.  Periksa Kondisi Kendaraan

Hal yang paling penting bagi kamu yang mudik menggunakan kendaraan pribadi adalah memeriksa kondisi kendaraanmu. Kamu bisa membawanya ke bengkel terdekat. Kondisi kendaraan merupakan faktor lancar tidaknya perjalananmu saat mudik dan sangat mempengaruhi keselamatanmu. Untuk mobil, usahakan periksa mesin, rem, oli, air bag, dan roda. Untuk motor, mesin, rem, dan ban motor harus dipastikan dalam kondisi baik. Jangan meremehkan hal ini, karena banyak terjadi kecelakaan di jalan karena kondisi kendaraan kurang layak untuk dipakai mudik. Dan pastikan kamu membawa peralatan otomotif seperti ban serep, obeng dan kunci, untuk membantumu ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Image result for bengkel mobil cartoon

 

2. Hindari Membawa Penumpang yang Berlebih

Demi keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan, pastikan kamu memperhatikan tips yang satu ini. Hindari mengangkut beban atau muatan yang melebihi kapasitas dari kendaraanmu. Untuk sepeda motor, kapasitas normalnya adalah 2 orang. Sedangkan untuk mobil, hanya untuk 7 sampai 8 orang. Jika terjadi kelebihan beban, hal ini berpotensi pada keselamatan semua penumpang.

Image result for tips mudik cartoon

 

3. Persiapkan Barang Bawaan

Tips mudik selanjutnya adalah membawa barang bawaan yang seperlunya. Untuk barang yang akan kamu bawa, kamu terlebih dahulu bisa membuat daftarnya. Daftar tersebut berguna agar tidak terlalu banyak barang bawaan yang dibawa. Jangan terlalu banyak membawa bawaan karena akan merepotkanmu dalam kendaraan dan pastinya ketika kamu pulang, akan lebih banyak bawaan berupa oleh-oleh dari kampungmu. Daftar barang yang kamu buat juga berguna untuk mendata agar tidak ada barang yang tertinggal. Jangan sampai ada barang yang tertinggal, seperti gadget, charger, maupun kamera yang sifatnya penting pada saat momen lebaran untuk mengabadikan momen.

Image result for barang mudik cartoon

4.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *