Tes dan Tips Melamar di Bank

Tes dan Tips Melamar di Bank



Bank merupakan badan usaha yang dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan dana atau aset keuangan dari masyarakat. Bank tidak hanya bertugas untuk menyimpan uang namun juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk melakukan kredit, mentransfer uang. Karena berhubungan dengan uang, tidak sedikit orang yang ingin melamar pekerjaan sebagai pegawai bank berdasarkan pada lowongan bank yang dikeluarkan oleh pihak perbankan. Akan tetapi, banyak sedikitnya gaji yang diterima oleh karyawan di perbankan, tergantung pada perbankan tersebut dan juga posisi atau jabatan di bank tersebut.

Untuk dapat menjadi pegawai bank, Anda harus mampu untuk melalui berbagai macam tes yang ditetapkan oleh bank. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri Anda agar mampu menghadapi tes tersebut dan jangan melupakan mengenai kerapian atau penampilan Anda karena pegawai bank terutama bagian teller yang setiap hari berhadapan atau berkomunikasi langsung dengan nasabah sehingga harus terlihat sempurna.

TPA
Tes potensi akademik merupakan salah satu tes yang wajib tidak hanya di bank namun juga di setiap perusahaan yang memberikan lowongan pekerjaan. Dengan melakukan tes potensi akademik atau TPA, bank akan mengetahui mengenai calon pegawai yang melamar dalam penguasaan verbal dan logika terutama matematika, verbal, logika. Bank identik dengan penghitungan dan seorang pegawai bank harus mampu menghitung dengan cepat dan cermat sehingga tidak menimbulkan kerugian baik bagi pihak bank ataupun pihak nasabah. Anda dapat melatih kemampuan dengan menggunakan buku TPA.

TOEFL dan Tes Dasar Bahasa Inggris
Test of English as a foreign language atau yang lebih dikenal dengan tes TOEFL digunakan untuk dapat mengetahui kemampuan berbahasa inggris dari calon pegawai. Tes ini akan dibagi menjadi 3 sesi yaitu listening, structure atau grammar dan reading. Skor minimal yang harus Anda capai adalah 500. Skor tersebut dan skor dari hasil penilaian tes bahasa inggris untuk mengetahui kemampuan dasar, akan sangat mempengaruhi penilaian perbankan terutama untuk bank besar atau bank pemerintah misalnya Bank Indonesia karena tidak hanya melayani nasabah dari dalam negeri namun juga luar negeri misalnya untuk penukaran mata uang. Untuk meningkatkan kemampuan Anda, Anda dapat kursus bahasa inggris atau dengan berlatih menggunakan buku untuk menghadapi TOEFL yang banyak tersedia di toko buku.

Focus Group Discussion
Tes diskusi diselenggarakan untuk dapat mengetahui mengenai kemampuan dari calon pegawai yang berhubungan dengan kecepatan dalam memahami suatu masalah yang terjadi terutama ketika sedang bekerja dalam suatu tim. Biasanya, calon pegawai akan dikelompokkan menjadi beberapa kelompok beranggotakan 4-8 orang yang kemudian akan berdiskusi untuk menyelesaikan suatu masalah. Untuk menghadapi tes ini, Anda harus memberikan kontribusi dan tidak perlu menjadi orang yang mendominasi diskusi.

Kesehatan dan Psikologi
Tes tersebut bertujuan untuk mengetahui kebugaran atau kesehatan tidak hanya fisik atau jasmani namun juga rohani atau psikologi. Untuk tes kesehatan, dibagi menjadi tes darah, tekanan dara, tes urin dan tes buta warna. Sebaiknya Anda kurangi merokok, berolahraga dan makan makanan bergizi. Untuk tes psikologi, dilakukan untuk mengetahui kepribadian dari calon pegawai. Biasanya bank akan memilih yang jujur, cerdas, disiplin, luwes.

Wawancara
Tes ini dilakukan langsung oleh management atau direksi. Para direksi akan menanyakan suatu permasalahan atau pertanyaan yang harus Anda jawab dengan jujur. Untuk dapat menghadapi tes ini, sebaiknya Anda bertingkah laku yang sopan, berpakaian yang rapi, menjawab dengan lugas. Baik dari lowongan Bank Indonesia atau bank lainnya, usahakan untuk tetap senyum dan ramah dalam menjawab.

Posted by:

per4an

Related articles

Back to Top