Event Jogja Ngayogjazz 2014

Lokasi Ngayogjazz 2014 Desa Wisata Brayut



Desa Wisata Brayut bermula dari ide Budi, salah seorang pengajar di lembaga bahasa asing (PURI Yogyakarta), yang berusaha untuk mengajak mahasiswanya berinteraksi langsung dengan warga desa. Respon yang muncul pun baik, sehingga berangkat dari inilah ide pariwisata alternatif muncul. Maka, Desa Brayut dinyatakan secara resmi sebagai desa wisata pada tanggal 14 agustus 1999 di bawah naungan Yayasan Ani-Ani.

Dengan mengedepankan sisi budaya yang ada pada masyarakatnya, desa ini memiliki berbagai potensi wisata budaya berupa kegiatan yang mengandung unsur kearifan lokal yang dapat dipelajari oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Karawitan, membatik, tari-tarian, wisata kuliner (legondo adalah makanan khas Desa Brayut), permainan rakyat, ataupun kegiatan konservasi baik budaya ataupun lingkungan bisa menjadi beberapa opsi.

Selain itu arsitektur rumah penduduk di Desa Wisata Brayut sangat kental dengan budaya Jawa, seperti bentuk Joglo, Limasan, dan Sinom. Beberapa rumah dan Joglo sering dipergunakan untuk pertunjukan kesenian dan juga bisa dipakai sebagai tempat menginap.

Pusat kerajinan tradisional bernama Ani-Ani Jewellery juga menawarkan perhiasan terbuat dari bahan-bahan alam dengan model tradisional yang diperoleh dari masyarakat sekitar Desa Brayut. Dengan adanya Ani-Ani Jewellery ini semakin menambah ciri khas tradisional etnik Desa Brayut. Potensi wisata yang dimiliki Desa Brayut inilah yang menjadi salah satu alasan Ngayogjazz kembali lagi di tahun 2014 ini.

Posted by:

per4an

Related articles

Back to Top