Pra Festival Geneng Street Art Project#2

Pra Festival Geneng Street Art Project#2



#EventJogja #Jogja #GelarBudaya #Kesenian #Budaya

Pra Festival Geneng Street Art Project#2

Pra Festival Geneng Street Art Project#2

Launching Film Dokumenter dan Pameran Karya Seni Rupa
“Pra Event Geneng Street Art Project#2?
18 September-9 Oktober 2014

Pembukaan: Kamis, 18 September 2014, jam 19.30 WIB
Live Musik oleh BBDKK&Oksam (DJ)
ViaVia Café & Alternative Art Space | Jl. Prawirotaman 30 Yogyakarta

Keterangan :
“Pra Event Geneng Street Art Project#2? dibuat sebagai event pendukung sebelum Festival Geneng Street Art Project #2 yang akan diadakan di Dusun Geneng, Bantul, Yogyakarta pada 1-31 Oktober 2014. Bentuk acara berupa launching film dokumenter tentang Festival Geneng Street Art Project#1, pameran foto dokumentasi Street Art Tour Merapi & Street Art Kali Code, dan pameran karya seni rupa. Proyek seni “Dolan-Dolan Merapi” adalah bagian dari kegiatan “Street Art Tour” yang direncanakan untuk diadakan secara rutin setiap 2 bulan sekali oleh Kelompok Ruang Kelas SD. Proyek “Street Art Tour” melibatkan beberapa seniman muda yang bekerja baik secara individu maupun kelompok, mencoba untuk menjadikan seni sebagai “katalis” atau “penghubung” untuk mempertemukan berbagai hal. Dengan tujuan memunculkan kesadaran maupun harapan baru, selain dialog dengan dan diantara anggota komunitas. Keseluruhan proyek seni ini digagas oleh Kelompok Ruang Kelas SD yang berbasis di Dusun Geneng, Bantul, Yogyakarta.
Festival Geneng Street Art Project #2 adalah proyek kedua dari Ruang Kelas SD, berkolaborasi bersama Mahasiswa Kampus Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dan Komunitas Street Art di Yogyakarta. Mereka menggarap kampung di sekitar kampus ISI Yogyakarta untuk disemarakkan dengan berbagai karya dari para street artists di Yogyakarta dan sekitarnya. Projek ini akan dimeriahkan dengan berbagai bentuk acara lain untuk menggiatkan kerja seni rupa di ruang publik yang menggunakan payung street art, termasuk graffiti, mural, stencil, wheate paste, patung, instalasi, seni penanda jalan, dsb. Kerja yang diharapkan dapat semakin membentuk apresiasi, partisipasi, dan daya kritis masyarakat melalui karya seni terutama street art.
Kelompok Ruang Kelas SD merupakan sebuah wadah kolektif digagas pada tahun 2011 memulai kegiatan “Street Art Project” mereka sejak tahun lalu. Awalnya mereka mengorganisir perhelatan ini di Dusun Geneng, Bantul, Yogyakarta. Mereka memanfaatkan tembok-tembok bangunan rumah penduduk untuk digarap secara visual menjadi karya. Bukan hanya seniman lokal saja yang terlibat dalam acara ini namun juga seniman mancanegara ikut meramaikan. Organisasi Ruang Kelas SD sendiri diinisisasi oleh beberapa mahasiswa dan alumni ISI. Adapun maksud dan tujuanya adalah untuk menemukan metoda riset dan untuk melihat kemungkinan-kemungkinan baru dalam hubungan seni dan masyarakat. Dengan prinsip menjunjung tinggi semangat keterbukaan dan sifat egaliter yang tak terpisahkan dengan masyarakatnya. Dimaksudkan sebagai wadah ruang kolektif seniman muda dengan platform kontribusi seni pada masyarakat luas dan upaya pendekatan emansipatoris melalui karya-karya mutakhir. Sedangkan metoda pewacanaan terhadap kerja kreatif dilaksanakan secara ilmiah yaitu dengan menerbitkan buku katalog serta penulisan on-line dan pengarsipan.
Informasi lebih lanjut hubungi:
Rennie “EmonK” | +6281802221882 | [email protected] | viaviajogja.com

Posted by:

per4an

Related articles

Back to Top