Pameran Radio Kuno



Pameran Radio Kuno
di Balai Soedjatmoko, Jl Slamet Riyadi 284 Solo

Pembukaaan:
19 September 2014, pk 19.30 WIB – selesai
Dimeriahkan OK Suara Delapan, Solo

Pameran:
20-25 September 2014, pl 09.00 – 21.00 WIB

 

Radio pernah menemani kita saat televisi hanya memiliki satu stasiun saja, radio menjadi bagian dalam kesejarahan bangsa ini sejak dulu kala. Radio sebagai alat informasi sudah ada sejak jaman Hindia Belanda, pada jaman itu merk radio yang terkenal rata-rata produksi Eropa, salah satu negara yang terkenal sebagai pembuat radio adalah Belanda.

Perkembangan radio ditanggapi positif masyarakat saat itu, bahkan di berbagai daerah banyak tempat yang dipasangi radio untuk didengarkan bersama-sama, maka tidak heran kalau ada tempat yang dikenal sebutan Radio Umum.

Mangkunegara VII merupakan orang Indonesia asli yang pertama kali membuat stasiun radio, karena saat itu hampir semua radio dimiliki orang-orang Belanda. Stasiun radio ini didirikan pada tahun 1933 di daerah Kestalan, yang berjarak sekitar 100 meter selatan Stasiun Kereta Api Balapan. Solosche Radio Vereniging (SRV) menjadi kebanggaan warga Solo, SRV juga membantu secara teknis menyiarkan pentas tari Gusti Nurul di Belanda pada tahun 1937, saat itu Gusti Nurul menari dengan iringan gamelan dari Solo, dan disiarkan oleh SRV. Setelah kemerdekaan SRV menjadi bagian dari RRI, dan untuk menyebarluaskan perjuangan saat itu RRI pernah memiliki stasiun darurat di Balong, Jenawi , Karanganyar, dengan dipimpin oleh Muladi, peralatan dibawa dari Solo menuju Jenawi.

Setelah masa Orde Baru, radio-radio merk Belanda mendapat saingan dari radio merk Jepang, yang memiliki mudah untuk dibawah ke mana saja. Radio merk Jepang lama-lama mendesak merk radio lainya, di era 1980-an saat sandiwara radio sedang tren di masyarakat , radio merk Jepang mengalami masa kejayaan. Saat itu radio juga memiliki jasa cukup besar bagi seni tradisi, RRI Solo sering kali menyiarkan kethoprak, dan guyon waton di kala senggang, yang biasanya berlangsung antara jam 10 pagi sampai jam 2 siang. Siaran ini menjadi hiburan terutama bagi ibu rumah tangga dan pedagang di pasar-pasar tradisional.

Pameran Radio Kuno kali ini pada saat pembukaan akan dimeriahkan oleh OK Suara Delapan (Solo) yang beranggotakan alumni SMK N 8 Surakarta, dan saat penutupan pada tanggal 25 September 2014 akan ada Parkiran Jazz yang menampilkan Solo Jazz Society

– sumber : eventsolo.com

Posted by:

per4an

Related articles

Back to Top