Kalender Event Solo Juni 2014

List Event Solo Bulan Juni 2014



Pertengahan tahun ini Pemkot dan Dishubkominfo Kota Surakarta punya sederet agenda seni dan budaya yang bisa disaksikan di berbagai tempat. Berikut kalender budaya yang akan digelar sepanjang bulan Juni ini :

1. Vastenburg Carnival 

Festival bertema ‘Bamboo, It’s My Costume’ ini akan digelar di Benteng Vastenburg tanggal 6 – 7 Juni 2014. Selain pameran dan sarasehan, acara ini juga akan dimeriahkan dengan arak – arakan ‘Bamboo, It’s My Costume’ dengan peserta dari kota Solo, Jogja, Banyumas hingga Bengkulu. Rute arak – arakan mulai dari Balaikota Solo dan berakhir di Benteng Vastenburg.

2. HUT Solo Car Free Day ke-4

Tiap Minggu, warga solo dapat menikmati udara segar di sepanjang jalan protokol Slamet Riyadi di acara Car Free Day, begitu banyak kegiatan dan komunitas yang dapat ditemukan disini. Tak salah Car Free Day Solo menjadi melting pot atau tempat berpadunya berbagai hal dalam satu tempat.

Tahun ini, Pemkot Surakarta dan Dishubkominfo menggelar HUT Solo Car Free Day 4 dengan tema ‘Solo Destination’ yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 8 Juni 2014 di Depan Hotel Dana mulai pukul 06.00 WIB. Berbagai kegiatan yang dapat dinikmati antara lain fashion show, rekor MURI aplikasi mobile Solo Destination, penampilan spesial dari Owah Band dan Flashmob Solo Destination Dance bersama 2014 orang.

3. Festival Ketoprak 

Festival seni pertunjukan tradisional ini akan digelar di Gedung Kesenian Balekambang yang berada di kompleks Taman Balekambang mulai tanggal 10 – 14 Juni 2014. Berbagai lakon akan ditampilkan oleh kelompok kesenian ketoprak yang masih ada di Kota Solo.

4. Mangkunegaran Art Festival

Apa rasanya hidup di lingkungan istana yang kental dengan kesenian nan indah? Jawabannya bisa anda temukan di Mangkunegaran Art Festival yang akan digelar tanggal 11 – 12 Juni 2014. Berbagai pusaka, perhiasan dan artefak koleksi Mangkunegaran akan dipamerkan. Selain itu berbagai ritual upacara dan parade fashion kerajaan juga dapat disaksikan di festival ini.

5. Sendra Tari Ramayana

Tak perlu jauh – jauh ke Prambanan, Sendra Tari Ramayana dengan lakon ‘Rama Tambak’  bisa anda saksikan di Taman Balekambang tanggal 14 Juni 2014 mulai pukul 19.30 WIB.

6. Solo Batik Carnival 2014

Acara tahunan ini selalu sukses menyedot puluhan ribu penonton tiap kali di gelar. Tahun ini Solo Batik Carnival kembali dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2014 dengan rute Stadion Sreiwedari hingga Balaikota Solo. Tentunya diharapkan agar masyarakat dapat lebih tertib saat acara berlangsung sehingga parade dapat dinikmati dengan nyaman.

7. Napak Budaya Samanhoedi

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada 26 – 28 Juni 2014 ini bertujuan untuk mengenalkan anak muda pada sosok pahlawan nasional, Samanhudi. Acara yang akan berpusat di  kalurahan Sondakan, Laweyan, Solo ini juga bertujuan untuk memperkuat eksistensi kawasan Sondakan sebagai desa wisata kaya budaya

Posted by:

per4an

Related articles

Back to Top