Traveloka.com Siaga Mudik 2014 : Tren Persiapan Mudik & Libur Lebaran 2014 Menurut Traveloka.com

Traveloka.com Siaga Mudik 2014 : Tren Persiapan Mudik & Libur Lebaran 2014 Menurut Traveloka.com



Traveloka.com Siaga Mudik 2014 : Tren Persiapan Mudik & Libur Lebaran 2014 Menurut Traveloka.com

Traveloka.com Siaga Mudik 2014 : Tren Persiapan Mudik & Libur Lebaran 2014 Menurut Traveloka.com

Tren persiapan mudik Lebaran kian berubah dari tahun ke tahun, mulai dari kapan orang mulai membeli tiket hingga moda transportasi yang digunakan. Bagaimana berubahnya dan apa pengaruh bagi kita para pemudik atau yang ingin sekedar liburan? Simak hasil observasi khusus tim Traveloka.com berdasarkan data pembelian tiket pesawat di tahun 2014 berikut ini.

Idul Fitri/Lebaran masih sekitar tiga bulan lagi, namun persiapan mudik tampaknya sudah dilakukan banyak orang sejak dini. Pemesanan tiket untuk sejumlah moda transportasi pun sudah dilakukan, khususnya untuk mereka yang berencana bepergian jauh selama libur Lebaran 2014. Berdasarkan data pembelian tiket pesawat dari Traveloka.com, tren pemesanan tiket untuk libur Lebaran sudah dimulai sejak awal tahun 2014. Tren ini juga didukung oleh sejumlah maskapai penerbangan yang memberikan promo khusus, serta diadakannya sejumlah travel fair di kuartal pertama 2014. Hal-hal tersebut memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalananya sejak dini dan mereka pun seakan “didesak” untuk segera membeli tiket dengan tawaran harga yang menarik.

Kota-kota besar di Indonesia memang menjadi tujuan utama para pemudik Lebaran. Jakarta-Surabaya merupakan rute dengan pembelian tiket tertinggi, diikuti oleh Jakarta-Medan, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Denpasar dan Jakarta-Padang. Berdasarkan tanggal keberangkatan yang dipilih oleh konsumen Traveloka.com, arus mudik diperkirakan akan mengalami kenaikan mulai 24 Juli 2014 dengan puncak arus mudik pada 26 Juli 2014. Arus balik sendiri akan dimulai pada 1 Agustus 2014 dengan puncaknya pada 3 Agustus 2014.

Momen libur panjang saat Lebaran juga dijadikan kesempatan oleh sejumlah orang untuk pergi berlibur ke negara lain. Traveloka.com mencatat perubahan tren tujuan liburan dibandingkan tahun 2013. Selain Singapura dan Kuala Lumpur yang selalu menjadi tujuan favorit, tahun ini wisatawan Indonesia semakin banyak melirik tujuan lain di Asia Timur. Penjualan tiket ke Seoul (Korea Selatan) merupakan yang tertinggi ketiga untuk perjalanan internasional selama libur Lebaran 2014, setelah Singapura dan Kuala Lumpur. Selain ketiga kota tersebut, Bangkok juga menjadi tujuan internasional favorit untuk libur Lebaran 2014.

Selama libur Lebaran 2014, pembelian tiket pesawat baik untuk perjalanan domestik maupun internasional diprediksi akan terus berlanjut hingga sekitar 2 minggu sebelum Lebaran. Walaupun konsumen Indonesia cenderung melakukan pemesanan tiket pesawat secara dini, pemesanan tiket untuk keberangkatan segera (immediate travel) selama libur Lebaran akan tetap ada namun dengan jumlah yang relatif kecil, mengingat harga tiket yang akan melambung tinggi khususnya pada periode H-3 sampai H+3 Lebaran.

Sumber : Traveloka.com

Posted by:

per4an

Related articles

Back to Top