7 Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi, No. 5 Paling Wow
Destinasi Kuliner & Oleh-Oleh

7 Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi, No. 5 Paling Wow

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kota yang terkenal sebagai kota pelajar ini, yap, Yogyakarta atau biasa kita sebut Jogja. Selain sebagai kota pelajar, Jogja juga jadi salah satu tujuan wisata para wisatawan baik dari mancanegara maupun wisatawan lokal. Buat kamu yang suka wisata kuliner, Jogja juga bisa dibilang sebagai surganya kuliner. Nah, berikut ada 7 tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib kamu kunjungi :

1. Gudeg Yu Djum

Kuliner tradisional ini pasti tidak asing lagi di telinga kita, yaitu gudeg yang merupakan makanan khas Jogja. Gudeg Yu Djum ini dirintis oleh seorang bernama Djuwariyah atau lebih dikenal sebagai Yu Djum sejak tahun 1951. Saat ini, Gudeg Yu Djum bisa kamu temukan di beberapa tempat, yaitu Jl. Kaliurang Km 4,5 CT III/22, Jl. Laksda Adisucipto Km 8,7, Jl. Wates Km 5,5 dan Jl. Wonosari – Yogya Km 7.

2. Jadah Mbah Carik

Jajanan ini bisa kamu dapatkan di Jl. Astomulyo, Kaliurang. Olahan yang terbuat dari bahan ketan ini dilengkapi dengan tempe dan tahu bacem. Ada juga beberapa aneka oleh-oleh lainnya seperti wajik dan lain-lain.

3. Bakmi Mbah Mo

Salah satu warung bakmi jawa yang melegenda yaitu Bakmi Mbah Mo. Kamu bisa temukan Bakmi Mbah Mo ini di Desa Code, Trirenggo, jauh dari kota. Bakmi disini dimasak satu-satu menggunakan tungku arang untuk mempertahankan citarasanya. Bakmi Mbah Mo menyediakan Bakmi rebus atau nyemek dan bakmi goreng.

4. Oseng-oseng Mercon

Kuliner yang satu ini dijamin bisa buat kamu nangis, buat kamu yang tidak suka rasa pedas, jangan mencoba menu ini. Oseng-oseng mercon ini terbuat dari tumisan kikil, gajih yang rasanya bisa dibilang sangat pedas. Karena rasanya yang sangat pedas ini, maka disebut dengan oseng-oseng mercon. Warung oseng-oseng mercon Bu Narti ini berlokasi di Jl. KH Ahmad Dahlan, Jogja. Warung ini buka setiap hari pukul 17.00-23.00 WIB.

5. Bakpia Princess Cake

Kamu pasti tau dong ya, artist syantik Princess Syahrini yang terkenal dengan jargon manjaahnya dan bulu mata anti badainya. Di Jogja, ada kuliner yang spesial persembahan dari Princess Syahrini nih namanya Bakpia Princess Cake. Bakpia Princess Cake menyediakan berbagai jenis oleh-oleh yang bisa kamu coba, seperti bakpia, cake, cookies choco mete, kastengel, putri salju, kaos dan lain-lain.

Disini tempatnya kamu bisa cobain bakpia yang ukurannya anti mainstream dengan beberapa varian rasa. Varian rasa Bakpia Princess ada 7, yaitu rasa durian, coklat, double cheese, choco banana, red bean, stroberi dan tiramisu. Untuk Princess cakenya tersedia 3 varian rasa, yaitu rasa coklat, double cheese, dan melon. Kamu penasaran seperti apa Bakpia Princess Cake? Biar kamu gak penasaran sama oleh-oleh fenomenal dari Jogja ini, kamu bisa langsung datang ke storenya. Store Bakpia Princess Cake tersebar di beberapa tempat di Jogja, diantaranya : di Jalan AM. Sangaji 86 buka pukul 08.00-22.00 WIB, Jalan Malioboro No.65 buka pukul 08.00-22.00 WIB, Jalan Pasar Kembang No. 1 (Stasiun Tugu) buka pukul 05.00-21.00 WIB, Jalan Magelang No.49 km 5,6 Jogja.

6. Resto Jejamuran

Resto jejamuran ini menyediakan berbagai hidangan berbahan dasar jamur. Jamur disini tidak hanya diolah dalam bentuk crispy tapi diolah menjadi sate, pepes, sup, tom yam dan lain-lain. Resto jejamuran ini bisa kamu temukan di jalan raya Jogja-Magelang, Tridadi, Sleman. Resto ini buka setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB.

7. Restoran Bale Raos

Disini kamu bisa merasakan seperti apa menu yang biasa dihidangkan bagi keluarga bangsawan Keraton Yogyakarta. Restoran ini menyediakan menu makanan seperti Gecok Ganem, Sup Timlo, Urip-urip Gulung, Semur Piyik dan lain-lain. Kamu bisa temukan resto ini di Jalan Magangan Kulon 1, belakang kompleks Keraton Jogja dan beberapa cabang yang ada. Restoran ini buka setiap hari pukul 09.30-21.30 WIB, tapi khusus hari Senin buka hanya sampai pukul 15.00 WIB.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *